get app
inews
Aa Read Next : Dirjen Kebudayaan RI Apresiasi Gerakan Laskar Hijau yang Berbasis Kearifan Lokal

Jelang Nataru Harga Sembako Meroket, Warga di Lumajang Serbu Operasi Pasar Murah

Jum'at, 08 Desember 2023 | 13:34 WIB
header img
Warga antre sembako murah (8/12/2023) (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Ratusan warga rela antre demi mendapatkan sembako dalam Operasi Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang pada Jumat (8/12/2023).

Antrean warga terlihat di Kawasan Wonorejo Terpadu, Kecamatan Kedungjajang, untuk memperoleh beras, gula, minyak goreng, telur, bawang merah, dan cabe dengan harga terjangkau dibandingkan dengan harga pasaran.

Dalam kegiatan pasar murah menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, warga dapat membeli beras medium hanya seharga Rp10.200 per kilogram, jauh di bawah harga pasar yang mencapai Rp12.000 per kilogram.

Meskipun pihak penyelenggara membatasi pembelian beras menjadi maksimal 10 kilogram atau 2 sak karung per orang, antrean terpanjang terjadi di kios beras murah ini.

Selain beras, komoditas lain juga ditawarkan dengan harga bersaing. Telur dijual seharga Rp23.000 per kilogram, sementara di pasar biasa mencapai Rp28.000 per kilogram. Cabe rawit dibanderol Rp30.000, lebih murah dibandingkan dengan harga pasar yang mencapai Rp50.000. Gula juga tersedia dengan harga Rp15.500 per kilogram, turun dari harga pasaran Rp17.000 per kilogram.

Fitria, salah seorang warga, menyatakan keterlibatannya dalam antrean demi mendapatkan sembako murah ini.

"Di pasar sekarang mahal. Saya dapat info ada pasar murah, makanya saya beli di sini. Beras aja yang 5 kilogram di sini Rp51.000, kalau di pasar satu sak seperti ini Rp60.000. Rencananya, saya akan antre lagi untuk membeli telur” kata Fitria.

Pemerintah Kabupaten Lumajang menyediakan 5 ton beras dan 2 ton gula dalam pasar sembako murah ini. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok.

Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, menjelaskan tujuan dari operasi pasar ini sebagai upaya menekan inflasi, sehingga masyarakat bisa memperoleh bahan pangan dengan harga yang lebih terjangkau menjelang akhir tahun.

"Tujuannya agar seluruh keluarga dan masyarakat di Lumajang bisa mendapatkan pangan dengan harga murah. Ini juga sebagai upaya kami untuk menekan laju inflasi, kami berusaha menjaga harga yang ada di Lumajang supaya tidak melonjak," ungkapnya.

Dengan adanya pasar sembako murah, masyarakat berharap pemerintah dapat menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di pasaran, sehingga warga tidak hanya mengandalkan membeli sembako saat pasar murah. Terlebih, Kabupaten Lumajang saat ini merupakan salah satu pemasok bahan pangan untuk wilayah Jawa Timur.

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut