get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi Tewas Terlindas Truk Tronton di Jalan Raya Sumbersuko

Dirjen Kebudayaan RI Apresiasi Gerakan Laskar Hijau yang Berbasis Kearifan Lokal

Selasa, 04 Juli 2023 | 18:56 WIB
header img
Direktur Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia Hilmar Farid berkunjung ke Rest Area Gunung Lemongan, di desa Papringan, Kecamatan Klakah (foto: istimewa)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Direktur Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia Hilmar Farid berkunjung ke Rest Area Gunung Lemongan, di desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Selasa (4/7/2023).

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung aktivitas Laskar Hijau dalam melakukan gerakan konservasi lingkungan di Gunung Lemongan.

"Saya sudah lama ingin berkunjung kesini, tapi baru kesampaian sekarang" kata Fay panggilan akrabnya Hilmar Farid.

Menurutnya, gerakan konservasi lingkungan yang dilakukan oleh Laskar Hijau sejak tahun 2008 ini perlu dicontoh dan diapresiasi, karena gerakannya berbasis pada kearifan lokal.

Bahkan para relawannya pun berasal dari anak-anak muda di desa-desa sekitar gunung Lemongan.

Laskar Hijau selama ini sering menggunakan ruang seni budaya untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan, antara lain dengan mengadakan Event Maulid Hijau, Kenduri Pohon, dan Kemah Keadilan Iklim.

Bahkan group musik Slank pernah secara khusus ke Gunung Lemongan untuk menanam pohon bersama Laskar Hijau.

"Dalam melaksanakan gerakannya, Laskar Hijau ini sangat konsisten dan berakar kuat pada tradisi lokal" kata Hilmar Farid.

Sementara itu A'ak Abdullah Al-Kudus mengaku senang dengan kunjungan ini, karena akan ada ruang pertemuan yang semakin luas antara pelestarian lingkungan dengan kebudayaan.

Bagi Gus A'ak dan Laskar Hijau pelestarian lingkungan tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan bahkan dari agama, karena keduanya sama-sama mengajarkan itu.

Tradisi nusantara sangat mementingkan pelestarian lingkungan, begitu pula dengan agama-agama yang dianut oleh masyarakat di Indonesia. "Melestarikan lingkungan adalah juga melestarikan budaya dan sekaligus melaksanakan ajaran agama" tegas Gus A'ak.

Kunjungan yang berlangsung santai dan penuh keakraban ini diakhiri dengan makan siang di Rest Area Gunung Lemongan dengan menu lokal seperti nasi jagung, sayur pakis, jonggolan dan kelor, juga ikan nila dari Ranu Klakah.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut