get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi Tewas Terlindas Truk Tronton di Jalan Raya Sumbersuko

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Guguran 3.500 Meter ke Arah Tenggara Curah Kobokan

Jum'at, 23 Juni 2023 | 10:53 WIB
header img
Gunung Semeru Luncurkan awan panas guguran sejauh 3.500 meter (foto:CCTV Semeru)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, luncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur 3.500 meter ke sisi tenggara atau mengarah ke Besuk Kobokan, Jumat (23/6/2023) dini hari.

Seismograf Pos Pengamatan Gunung Api Semeru merekam getaran amplitudo maksimal awan panas guguran mencapai 17 milimeter, selama 867 detik.

Selain itu, gunung tertinggi di pulau Jawa ini juga terpantau alami 4 kali letusan dengan tinggi kolom asap mencapai 300 sampai 800 meter condong ke sisi utara dan guguran lava pijar dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah Besuk Kobokan.

Data pos PGA Semeru juga mencatat peningkatan intensitas gempa Tremor harmonik selama beberapa Minggu terakhir.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, Dwi Cahyono mengatakan belum ada laporan dampak dari awan panas guguran yang terjadi.

“Ya tadi pagi sekitar pukul 01.43 Gunung Semeru meluncurkan awan panas guguran sejauh 3.500 meter ke sisi tenggara, namun belum ada laporan dampak yang diakibatkan karena jarak luncur APG masih di jarak aman” kata Dwi.

BPBD Kabupaten Lumajang mengimbau masyarakat khususnya yang bermukim di kaki Gunung Semeru untuk selalu waspada mengingat aktivitas vulkanik Gunung Semeru masih fluktuatif.

“Kami mengimbau warga untuk tidak beraktivitas apapun di daerah Curah Kobokan karena dikhawatirkan terjadi APG susulan” pungkas Dwi.

Sementara itu, hingga saat ini status Gunung Semeru masih bertahan di level 3 atau siaga.

Berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, masyarakat dilarang beraktivitas apapun di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan hingga radius 13 kilometer dari puncak, dan 500 meter dari sepadan sungai Curah Kobokan karena berpotensi terjadi perluasan awan panas dan aliran lahar sejauh 17 kilometer.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut