get app
inews
Aa Read Next : Dirjen Kebudayaan RI Apresiasi Gerakan Laskar Hijau yang Berbasis Kearifan Lokal

Hari Disabilitas Internasional, Pj Bupati Ingin Lumajang Jadi Kabupaten Ramah Disabilitas

Senin, 04 Desember 2023 | 16:48 WIB
header img
Hari Disabilitas Internasional Pj. Bupati Lumajang dorong Kabupaten Lumajang menjadi Kabupaten ramah difabel (foto: Kominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, hadir dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di GOR Gajah Putih Kabupaten Trenggalek pada Minggu (3/12/2023).

Dalam acara tersebut, Pj Bupati Lumajang mendapatkan penghargaan tingkat Jawa Timur sebagai apresiasi atas kontribusi dan dukungan dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional, khususnya melalui kegiatan Lintas Batas Disabilitas Tahun 2023.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyerahkan bantuan berupa enam unit rumah layak huni di Kabupaten Lumajang.

“Harapannya bahwa bantuan yang diserahkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang” kata Yuyun.

Dia menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta kabupaten/kota terhadap kaum disabilitas.

Dalam konteks tema "Aku, Kamu, Kita Setara," Pj Bupati Lumajang mengungkapkan niatan untuk menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai daerah yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Kita tetap bisa memberikan dukungan agar penyandang disabilitas dapat mandiri dan berkembang” tambah Yuyun.

Peringatan HDI Tahun 2023 di Kabupaten Trenggalek turut disemarakkan dengan beragam kegiatan, termasuk pameran hasil karya disabilitas dengan 27 stand, pelatihan inklusi, dan pertunjukan seni dari para difabel.

Pemprov Jawa Timur juga meraih penghargaan rekor MURI sebagai pemrakarsa "Mengaji Bahasa Isyarat Disabilitas Tuli Terbanyak" dengan melibatkan 250 peserta.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh perwakilan MURI, Ari Andriani, kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, yang mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut