get app
inews
Aa Read Next : Dirjen Kebudayaan RI Apresiasi Gerakan Laskar Hijau yang Berbasis Kearifan Lokal

Jelang Nataru Satlantas Polres Lumajang Imbau Pengendara Waspadai Perlintasan Sebidang

Senin, 04 Desember 2023 | 09:16 WIB
header img
Satlantas Polres Lumajang pasang rambu-rambu di titik rawan jelang nataru (foto: Satlantas Polres Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Satlantas Polres Lumajang mulai menyiapkan skema pengaturan lalu lintas untuk Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Suwarno, menyampaikan perhatian khusus terhadap ruas jalan di wilayah pegunungan Semeru, seperti Pronojiwo, Ranupani, dan sekitarnya, yang rawan longsor.

Pengerjaan pengecoran jalan di jalur Malasan Probolinggo juga menjadi fokus, dengan prediksi kemacetan hingga wilayah Ranuyoso Lumajang.

"Pemetaan kerawanan sudah dilakukan, termasuk banjir, longsor, kemacetan, dan gangguan lainnya," ungkap AKP Suwarno.

Terkait pendirian pos pelayanan, Kasatlantas Polres Lumajang menyatakan masih menunggu instruksi dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur.

Pelebaran jalan di jalur Klakah hingga Ranuyoso diharapkan dapat mengurangi kemacetan, namun AKP Suwarno mengingatkan bahwa pengendara mungkin lebih memilih jalur nasional yang lebih lebar.

Analisisnya juga mencakup jalur-jalur alternatif, terutama yang melintasi perlintasan kereta api tanpa palang pintu. Satlantas Polres Lumajang telah memasang rambu himbauan dan melibatkan sukarelawan untuk menjaga titik perlintasan tersebut.

“Ada 46 perlintasan sebidang yang mana sudah berpalang kemudian 20 resmi namun belum berpalang. Nanti sukarelawan akan disertifikasi dan ikut pelatihan sehingga ada tanggung jawab,” ujarnya.

AKP Suwarno menegaskan keterlibatan Polri dalam memastikan keamanan selama Hari Raya Natal dan tahun baru. Upaya ini mencakup pemasangan rambu himbauan, pemberdayaan sukarelawan, dan komitmen Polri untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

 

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut