get app
inews
Aa Read Next : Dirjen Kebudayaan RI Apresiasi Gerakan Laskar Hijau yang Berbasis Kearifan Lokal

Garasi Ternak Cara Inovatif Warga Lumajang Antisipasi Pencurian Hewan Ternak

Senin, 27 November 2023 | 21:19 WIB
header img
Pj. Bupati Lumajang saat meninjau garasi ternak di Kecamatan Rowokangkung (foto: Kominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Kasus pencurian hewan ternak yang kerap meresahkan masyarakat menjadi fokus utama Tiga Pilar TNI-Polri dan Pemerintah di tingkat kabupaten hingga desa.

Salah satu langkah konkret dilakukan oleh masyarakat Dusun Genitri Kidul, Rowokangkung, dengan mendirikan Garasi Ternak (Gaster) guna meningkatkan keamanan hewan ternak.

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, memberikan apresiasi terhadap inisiatif ini.

"Gaster, saya mengapresiasi karena dengan begitu keamanan ternak bisa lebih mudah." Kata Yuyun saat melakukan peninjauan di salah satu gaster di Dusun Genitri Kidul pada Senin (27/11/2023).

Yuyun juga menyoroti manfaat gaster dalam memudahkan pemantauan kesehatan hewan ternak oleh petugas kesehatan hewan.

"Pemantauan kesehatan ternak lebih memudahkan, tidak perlu keliling. Hal ini dengan adanya gaster memudahkan bapak ibu, selain itu juga meningkatkan silaturahmi warga Genitri Kidul. Ini gagasan bagus harus disambut baik, bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain," tambahnya.

Camat Rowokangkung, Nira Fitri Aviana, juga turut mengutarakan hal serupa. Dengan jumlah hewan ternak yang signifikan di wilayahnya, mencapai 8.393 ekor sapi potong, 124 ekor kerbau, dan 4 ekor kuda, kehadiran gaster menjadi solusi untuk memastikan keamanan dan pengawasan yang efektif.

"Dengan adanya 7 titik gaster dan 20 kandang sapi, setiap kandang berisi 2-4 ekor sapi. Gaster membantu menjaga keamanan, pemilik hewan jaga bergantian setiap hari, sehingga tidak ada pencurian di Genitri Kidul, khususnya di gaster," ungkap Nira Fitri Aviana.

Inisiatif masyarakat Dusun Genitri Kidul ini bukan hanya menjadi langkah preventif dalam mengurangi kasus pencurian hewan ternak, tetapi juga membuktikan bahwa kebersamaan dalam menciptakan solusi lokal dapat memberikan dampak positif yang signifikan.

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut