get app
inews
Aa Read Next : Pusat Perbelanjaan Terbesar di Lumajang Ludes Terbakar, Penyebab Masih Diselidiki

Pemkab Lumajang Raih Penghargaan SAKIP dengan Predikat Sangat Baik

Kamis, 03 Oktober 2024 | 19:59 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten Lumajang raih predikat sangat baik dalam penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) (foto: Kominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB (Sangat Baik). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, kepada Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, dalam acara SAKIP Award 2024 yang berlangsung di Grand Ballroom Birawa, Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (2/10/2024).

Indah Wahyuni, yang akrab disapa Yuyun, menyatakan rasa syukurnya atas peningkatan nilai SAKIP Kabupaten Lumajang, yang sebelumnya berada pada predikat B, kini berhasil naik menjadi BB (Sangat Baik). Peningkatan ini terjadi setelah delapan tahun stagnan di posisi B.

“Kami sangat bersyukur. Alhamdulillah, hari ini nilai SAKIP kita meningkat menjadi BB setelah delapan tahun berada di predikat B tanpa perubahan,” ujar Yuyun saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan.

Yuyun menjelaskan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kekompakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lumajang, yang berhasil mengembangkan perencanaan berbasis kinerja secara terpadu.

“Ini semua berkat kerja keras dan kerja sama yang solid antara seluruh OPD, di bawah arahan Sekda, untuk bersama-sama meraih nilai SAKIP dengan predikat BB,” katanya.

Lebih lanjut, Yuyun menjelaskan bahwa SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran, dan pelaporan kinerja yang sejalan dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

"Penghargaan ini juga erat kaitannya dengan upaya kami dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Lumajang. Selain itu, nilai SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik) juga menjadi indikator penilaian," jelasnya.

Ia berharap seluruh OPD tetap solid dan terus bergerak bersama demi menjadikan Kabupaten Lumajang lebih baik dan sejahtera. Dengan demikian, Yuyun berharap nilai SAKIP Kabupaten Lumajang dapat terus meningkat di masa mendatang.

“Kami berharap ke depan tim tetap solid untuk terus bergerak maju, menjadikan Lumajang lebih baik dan sejahtera. Setidaknya, kami ingin melihat peningkatan nilai SAKIP yang lebih baik lagi,” tutup Yuyun.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut