get app
inews
Aa Read Next : Mini Bus Elf Hancur Dihantam KA Probowangi di Lumajang, 11 Tewas 4 Luka Berat

Keseruan Tradisi Karapan Kerbau Petani di Lumajang Berharap Kesuburan Tanah

Minggu, 30 Juli 2023 | 20:46 WIB
header img
Tradisi karapan kerbau petani di Lumajang berharap kesuburan tanah dan panen melimpah (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Memasuki masa tanam, para petani di Kabupaten Lumajang memiliki tradisi balap kerbau atau karapan kerbau di lahan pertanian yang akan ditanami.

Seperti yang dilakukan di area persawahan Desa Selokgondang, Kecamatan Sukodono, pada Minggu (30/7/2023).

Puluhan kerbau beradu kecepatan di lahan persawahan, dengan sorak-sorai joki dan pendukung masing-masing tim yang sontak menambah kemeriahan.

Dalam karapan kerbau ini, dua pasang kerbau melaju di lintasan lumpur sepanjang 200 meter dan berlomba untuk mencapai garis finish terlebih dahulu.

Setiap joki kerbau balap ini mempunyai cara tersendiri agar kerbau yang dikendalikannya bisa berlari kencang dan berada di jalur yang telah ditentukan.

Tak hanya fisik atau kelincahan kerbau yang menjadi kunci kemenangan, namun posisi saat di garis start juga menjadi bagian penting pada karapan kerbau ini.

Kerbau yang mengikuti tradisi karapan ini tentu bukan kerbau sembarangan. Pemilik biasanya mempersiapkan kerbau jauh-jauh hari, mulai dari fisik kerbau hingga pakan dan jamu.

“Saya bawa empat pasang kerbau, persiapannya ya latihan dan jamu telur bebek dicampur rempah-rempah seperti kunyit dan jahe supaya kerbaunya bugar” ujar Mujiono salah seorang peserta karapan kerbau dari Desa Sumberejo.

Sementara itu, tradisi karapan kerbau ini diikuti 54 peserta, yang sebagian besar petani dari beberapa kecamatan di Lumajang.

Selain sebagai hiburan, tradisi ini dilakukan saat memasuki awal masa tanam, dengan harapan kesuburan tanah dan hasil panen yang melimpah.

“Ya biasanya memang diselenggarakan sebelum musim tanam, ini bentuk rasa syukur para petani dan doa kepada Allah agar hasil panen tahun depan melimpah” kata Liaman panitia karapan kerbau.

Karapan kerbau ini juga memperebutkan berbagai hadiah seperti kulkas, televisi dan hadiah menarik lainnya.

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut