get app
inews
Aa Read Next : Mini Bus Elf Hancur Dihantam KA Probowangi di Lumajang, 11 Tewas 4 Luka Berat

Ribuan Warga Lumajang Rebutan Gunungan Tahu Setinggi 6 Meter Berbentuk Kuda, Berlangsung Meriah!

Senin, 11 September 2023 | 07:56 WIB
header img
Ratusan penduduk di Lumajang berbondong-bondong untuk bersaing mendapatkan gunungan tahu agung berbentuk kuda dan penari topeng setinggi 6 meter pada malam Minggu (10/9/2023). Foto: Yayan Nugroho

LUMAJANG, iNews.id - Ratusan penduduk di Lumajang berbondong-bondong untuk bersaing mendapatkan gunungan tahu agung berbentuk kuda dan penari topeng setinggi 6 meter pada malam Minggu (10/9/2023). 

Sebelum menjadi rebutan, gunungan tersebut mengandung 25.000 potongan tahu dengan berat total mencapai 2 ton, dan diparadekan mengelilingi desa.

Karena bobotnya yang sangat berat, diperlukan sekitar 50 orang untuk mengangkat gunungan tersebut. Karena keberatannya, prosesi pemindahan gunungan tahu raksasa ini terkadang harus berhenti beberapa kali.

Setelah perjalanan sejauh 2 kilometer yang memakan waktu 5 jam dari perbatasan desa, ribuan penduduk yang sudah menunggu pun menyerbu gunungan tahu tersebut. 

Meskipun harus berdesakan, mereka mengaku bahagia bisa mendapatkan tahu dari gunungan agung ini karena mereka percaya akan membawa berkah.

Salah satu penduduk bernama Indah mengatakan, "Ada begitu banyak orang di sini. Tadi saya sempat terdorong dan terjepit, tapi saya sangat senang."

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut