get app
inews
Aa Read Next : Dirjen Kebudayaan RI Apresiasi Gerakan Laskar Hijau yang Berbasis Kearifan Lokal

Hiu Tutul Sepanjang 5 Meter Mati Terdampar di Pantai Cemoro Sewu

Senin, 03 Juli 2023 | 20:56 WIB
header img
Hiu tutul dengan panjang sekitar 5 meter terdampar di pantai Cemoro Sewu (foto: istimewa)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Seekor hiu paus (Rhincodon Typus) atau dikenal sebagai hiu tutul terdampar di pesisir pantai Cemoro Sewu, Desa Selok Anyar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Senin (3/7/2023) sore.

Hiu tutul dengan panjang sekitar 5 meter dengan bobot diperkirakan sekitar 1 ton itu diduga terjerat jaring nelayan hingga ke pesisir dan akhirnya terdampar di tepi pantai.

Nayo salah seorang warga mengatakan, hiu tutul tersebut masih dalam kondisi hidup saat awal ditemukan warga sekitar dua hari lalu, namun karena tidak bisa dievakuasi akhirnya mati.

“Yang menyebabkan hiu itu terdampar, karena terkena jaring nelayan beberapa waktu lalu. Karena kondisi hiu itu sakit, akhirnya terbawa arus ke pinggir, sudah kami coba mendorongnya kembali ke air tapi kami tidak kuat,” kata Nayo.

Sementara itu, berdasarkan pantauan aparat Polsek Pasirian hingga Senin malam bangkai hiu tutul tersebut masih berada di tepi pantai Cemoro Sewu.

Rencananya bangkai hiu tutul itu akan dikubur pada esok hari bersama warga setempat lantaran dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit jika tidak dikubur.

“Rencananya akan dikubur besok bersama warga setempat karena ditakutkan akan membusuk jika dibiarkan” ujar Kapolsek Pasirian AKP Agus Sugiharto.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut