get app
inews
Aa Read Next : Mini Bus Elf Hancur Dihantam KA Probowangi di Lumajang, 11 Tewas 4 Luka Berat

Jelang Ramadan Pemkab Lumajang Gelar Operasi Pasar di 7 Kecamatan, Catat Jadwal dan Lokasinya

Senin, 06 Maret 2023 | 20:33 WIB
header img
Operasi pasar Pemkab Lumajang hari pertama di Kecamatan Yosowilangun (foto: Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Jelang bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar operasi pasar, untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok seperti beras dan minyak goreng.

Operasi pasar akan dilaksanakan di tujuh Kecamatan selama 7 hari berturut-turut, yakni di Kecamatan Yosowilangun, Klakah, Sukodono, Pasirian, Lumajang, Kunir, dan Senduro.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Hasbullah Hadi mengatakan, operasi pasar diselenggarakan Pemkab Lumajang untuk menekan harga beras dan minyak goreng jelang bulan Ramadan.

“Operasi pasar ini untuk menstabilkan harga terutama beras dan minyak goreng yang secara nasional harganya memang cenderung naik jelang bulan Ramadan” kata Hasbullah di lokasi operasi pasar hari pertama di Kantor Kecamatan Yosowilangun, Senin (06/03/2023).

Ia juga mengatakan, dalam operasi pasar ini beras medium dijual Rp8.500 per kilogram sedangkan minyak goreng dijual dengan harga Rp13.500 per liter.

“Kita jual sesuai harga eceran tertinggi (HET), selama operasi pasar kita sediakan beras medium sebanyak 40 ton, dan 8.400 liter minyakita” ujar Hasbullah Hadi.

Sementara itu, operasi pasar hari pertama ini disambut antusias warga di Kecamatan Yosowilangun. Widyawati salah seorang warga mengatakan, cukup terbantu dengan adanya operasi pasar ini karena selisih harga yang cukup tinggi jika dibandingkan di pasar.

“Sangat membantu (operasi pasar) karena kalau di pasar harga beras premium sudah mencapai Rp11.000 per kilogram, sedangkan minyak goreng jenis minyakita harganya sampai Rp16.000 per liter” ujar Widyawati.

Dalam operasi pasar ini, warga dibatasi hanya diperbolehkan membeli 10 kilogram beras dan 2 liter minyak goreng dengan syarat memberikan fotocopy KTP kepada petugas.

Jadwal Operasi Pasar Pemerintah Kabupaten Lumajang:

1.Kecamatan Yosowilangun, Senin 06 Maret 2023 di Kantor Kecamatan Yosowilangun

2.Kecamatan Klakah, Selasa 07 Maret 2023 di Kantor Kecamatan Klakah

3.Kecamatan Sukodono, Rabu 08 Maret 2023 di Pasar Sukodono

4.Kecamatan Pasirian, Kamis 09 Maret 2023 di Pasar Pasirian

5.Kecamatan Lumajang, Jumat 10 Maret 2023 di Depan Pendopo Arya Wiraraja

6.Kecamatan Kunir, Senin 13 Maret 2023 di Kantor Kecamatan Kunir

7.Kecamatan Senduro, Selasa 14 Maret 2023 di Kantor Kecamatan Senduro

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut