get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Perjuangan Seorang Ibu Sekuriti Sukses Didik Anak Menjadi Polisi

Tiga Polisi Terdakwa Kasus Tragedi Kanjuruhan, Dituntut Tiga Tahun Penjara

Kamis, 23 Februari 2023 | 23:13 WIB
header img
ilustrasi JPU tuntut tiga terdakwa kasus tragedi Kanjuruhan tiga tahun penjara (foto: ilustrasi)

SURABAYA, iNewsLumajang.id – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut tiga polisi terdakwa kasus tragedi Kanjuruhan tiga tahun penjara dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (23/02/2023).

Ketiga terdakwa yakni, mantan Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, mantan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi, dan mantan Komandan Kompi Brimob Polda Jatim AKP Hasdarman.

Ketiganya dianggap terbukti melanggar Pasal 359 KUHP yang menyebabkan mati atau luka-luka karena kealpaan.

"Menyatakan pidana penjara selama 3 tahun dikurangi selama masa tahanan dengan perintah terdakwa tetap ditahan," kata JPU.

JPU menyatakan, ketiga terdakwa terbukti melanggar tiga pasal kumulatif, yaitu Pasal 359 KUHP, Pasal 360 ayat (1) KUHP dan Pasal 360 ayat (2) KUHP.

"Terdakwa disebut terbukti secara sah dan meyakinkan, melakukan tindak pidana karena kesalahannya atau kealpaannya menyebabkan hilangnya nyawa orang lain, serta menyebabkan orang lain menderita luka berat," ujar JPU.

Dalam tuntutan tersebut mempertimbangkan hal yang memberatkan dan meringankan. Hal yang memberatkan, terdakwa Bambang dan Hasdarmawan lalai karena telah memerintahkan penembakan gas air mata di dalam stadion terkait pengamanan Arema FC vs Persebaya.

Sedangkan hal memberatkan untuk terdakwa Wahyu, karena tidak melakukan pencegahan anak buahnya melakukan penembakan gas air mata di stadion.

"Hal yang meringankan, ketiga terdakwa melaksanakan tugas dan perintah, pengamanan pertandingan sepak bola, meski terdapat kelalaian karena melaksanakan tugas tidak sesuai SOP pengamanan," kata JPU.

Sementara itu, menanggapi tuntutan tersebut, tim penasihat hukum tiga terdakwa akan mengajukan nota pembelaan di sidang berikutnya. Ketua Majelis Hakim Abu Achmad Sidqi Amsya pun memberikan waktu selama sepekan. Oleh majelis hakim, sidang pembacaan nota pembelaan itu akan digelar pekan depan.

 

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut