get app
inews
Aa Read Next : Stabilkan Harga Pasar Pemkab Lumajang Gelar Operasi Pasar Beras Murah, Catat Jadwalnya

Pertanian Cantik Ala Petani Hortikultura di Lumajang Jadi Daya Tarik Wisatawan

Kamis, 12 September 2024 | 20:53 WIB
header img
Inovasi petani hortikultura di Lumajang tanam refugia untuk pengendali hama dan percantik lahan pertanian (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Para petani hortikultura di Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berinovasi dengan menanam tanaman refugia untuk mengendalikan hama pada tanaman sayuran.

Tanaman refugia berupa bunga-bunga berwarna-warni ini tidak hanya efektif sebagai pengendali hama, tetapi juga mempercantik area persawahan dan menarik minat wisatawan.

Berbagai jenis bunga seperti marigold, jengger ayam, dan celosia ditanam di sekitar lahan pertanian hortikultura yang diisi dengan aneka sayuran seperti sawi, kangkung, tomat, brokoli, dan lain-lain. Meskipun area tersebut terlihat seperti taman bunga, fungsi utamanya tetap sebagai lahan pertanian sayuran.

Warna-warni cerah bunga refugia ini berperan dalam menarik predator alami hama, sehingga para petani dapat mengurangi penggunaan pestisida. Hal ini tidak hanya menekan biaya produksi, tetapi juga mendukung pertanian yang lebih ramah lingkungan.

Sumardi, seorang petani hortikultura di desa tersebut, mengungkapkan bahwa penanaman bunga refugia ini memberikan manfaat ganda.

Selain membantu mengendalikan hama, bunga-bunga yang ditata rapi juga membuat area persawahan terlihat lebih menarik, sehingga kini banyak wisatawan yang berkunjung.

"Selain mempercantik pemandangan, bunga-bunga ini berfungsi sebagai perangkap alami bagi hama tanaman," ujar Sumardi pada Rabu (11/9/2024).

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut