get app
inews
Aa Read Next : Pusat Perbelanjaan Terbesar di Lumajang Ludes Terbakar, Penyebab Masih Diselidiki

Diduga Hendak Perang Sarung, Puluhan Remaja di Lumajang Diamankan Polisi

Rabu, 20 Maret 2024 | 17:29 WIB
header img
Polisi amankan puluhan remaja yang hendak perang sarung (foto:Humas Polres Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Polisi berhasil mengamankan puluhan remaja yang hendak melakukan perang sarung di tengah keresahan warga menjelang waktu sahur.

Mereka diamankan sekitar pukul 02.00 WIB di sejumlah lokasi, mulai dari Jalan Kapt Kyai Ilyas hingga GOR Wira Bhakti, serta sekitar jalan raya Klojen pada Rabu (20/03/2024).

Kapolres Lumajang, AKBP Mohammad Zainur Rofik, S.I.K, melalui Kasubsi Pidm Sihumas Ipda Sugiarto, menjelaskan bahwa Polres Lumajang sedang gencar melaksanakan patroli cipta kondisi selama bulan Ramadhan.

Hal ini sebagai tanggapan atas keluhan masyarakat terkait perang sarung, balap liar, tawuran, dan penggunaan petasan yang kerap terjadi setelah shalat tarawih hingga sahur.

“Awalnya, kami mendapat informasi dari masyarakat melalui nomor WhatsApp "Wayae Lapoke Cak Kapolres" 085935800900 serta Call Center 110, bahwa daerah tersebut sering menjadi tempat perang sarung, balap liar, tawuran, dan penggunaan petasan setelah shalat tarawih hingga sahur,” jelas Ipda Sugiarto.

Kapolres Lumajang, bersama para petugas, langsung memimpin kegiatan patroli dan berhasil menemukan sekelompok remaja yang hendak melakukan perang sarung di sepanjang Jalan Kyai Ilyas.

Para pelaku kemudian dibawa ke Mako Polres Lumajang untuk diberikan pembinaan.

“Ada total 29 remaja yang diamankan, terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, hingga lulus SMA. Mereka tertangkap bersama barang bukti berupa sarung yang berisi batu, minuman keras jenis anggur, serta sepeda motor yang tidak sesuai standar teknis.”imbuhnya.

Keterangan dari polisi mengungkapkan bahwa perang sarung yang dilakukan para pelaku sudah direncanakan sebelumnya, dengan beberapa remaja diposisikan di titik-titik tertentu untuk memantau kehadiran polisi yang sedang melakukan patroli.

Selanjutnya, orang tua para pelaku diundang untuk memberikan pembinaan bersama-sama kepada remaja tersebut.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut