get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi Tewas Terlindas Truk Tronton di Jalan Raya Sumbersuko

Wujudkan Lumajang Zero Knalpot Brong, Satlantas Polres Lumajang Ajak Siswa Deklarasi dan Sosialisasi

Senin, 05 Februari 2024 | 13:22 WIB
header img
Satlantas Polres Lumajang bersama ratusan siswa SMK 2 Lumajang deklarasi zero knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis (foto: Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Merespon tingginya angka korban fatalitas kecelakaan yang melibatkan kalangan pelajar, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Lumajang, menggelar sosialisasi keselamatan berlalulintas dan deklarasi zero knalpot tidak sesuai teknis di SMK 2 Lumajang, Senin (5/2/2024).

Dihadapan ratusan siswa, Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik didampingi Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Suwarno memberikan sosialisasi pentingnya memahami berbagai pelanggaran yang dapat menjadi pemicu kecelakaan, mulai dari modifikasi kendaraan yang tidak sesuai standar hingga ketertiban berkendara dengan menggunakan helm dan memiliki surat izin berkendara.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada para siswa terkait keselamatan berkendara, karena di Lumajang angka fatalitas kecelakaan yang melibatkan kalangan milenial atau pelajar cukup tinggi” ujar Kasatlantas.

Selain itu Satlantas Polres Lumajang juga mengajak para siswa untuk Deklarasi zero knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, hal ini dilakukan untuk menjaga Kamtibmas khususnya di jalan raya.

Penggunaan knalpot brong sendiri termasuk pelanggaran lalu-lintas. Selain tidak laik jalan, penggunaan knalpot ini dapat dijerat dengan Pasal 285 Ayat 1 UULAJ dan dapat dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 Ribu.

“Kami juga mengajak para siswa untuk Deklarasi zero knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, karena selain melanggar undang-undang, keberadaan knalpot brong di jalan raya juga mengganggu pengguna jalan lain” pungkas AKP Suwarno.

Sementara itu, Kepala SMK 2 Lumajang Lilik Mujidatut Zahro mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Satlantas Polres Lumajang di sekolahnya.

Menurut Lilik Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang keselamatan berkendara untuk anak didiknya.

“Saya atas nama SMK 2 Lumajang mengucapkan terimakasih kepada Pak Kasat Lantas yang telah memberikan sosialisasi kepada anak-anak, harapannya supaya mereka lebih berhati-hati saat berkendara di jalan raya” ujar Lilik Mujidatut Zahro.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut