get app
inews
Aa Read Next : Dirjen Kebudayaan RI Apresiasi Gerakan Laskar Hijau yang Berbasis Kearifan Lokal

Gesbi, Sapi Berbobot 1,1 Ton Asal Lumajang Terpilih Menjadi Sapi Kurban Presiden Jokowi

Selasa, 27 Juni 2023 | 22:25 WIB
header img
Gesbi sapi limosin berbobot 1,1 ton asal Kabupaten Lumajang terpilih menjadi sapi kurban Presiden Jokowi (foto: Kominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Gesbi seekor sapi limosin berukuran jumbo milik Bahrowi Yahya (32) warga Dusun Klumprit, Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang terpilih menjadi sapi kurban Presiden Jokowi.

Gesbi terpilih setelah menyisihkan 3 sapi lain asal Kabupaten Lumajang, dalam proses seleksi langsung oleh Sekretariat Negara.

Tak hanya bobotnya yang fantastis, Gesbi juga dinyatakan sehat dengan lolos pemeriksaan kesehatan, mulai dari pemeriksaan feses dan sampel darah di laboratorium.

Gesbi merupakan sapi kesayangan Bahrowi lantaran dipelihara sejak usia 5 bulan hingga saat ini berusia 3 tahun 3 bulan.

Gesbi juga mendapatkan perawatan khusus seperti diajak jalan-jalan saat pagi hari dan rutin dimandikan setiap hari agar kebersihannya terjaga.

Soal pakan, Bahrowi memberikan pakan alami dan pakan olahan dari konsentrat dan ampas tahu, tak heran jika bobot Gesbi lebih fantastis dibanding sapi lain miliknya.

“Kalau pakan dalam satu hari saya berikan 2 kali pakan alami dan 2 kali pakan combor dari konsentrat dan ampas tahu, biasanya pagi dan sore” kata Bahrowi, saat ditemui di kandang sapi Selasa (27/6/2023).

Sementara itu, awalnya Bahrowi mengaku tidak pernah menyangka jika sapi yang ia pelihara akan terpilih menjadi sapi kurban Presiden Jokowi.

“Ya gak nyangka awalnya karena seleksinya ketat, namun mungkin rezeki saya jadi sapi saya yang terpilih, senang campur bangga sapi saya bisa dibeli pak Presiden” ujar Bahrowi.

Gesbi rencananya akan dikirim ke Masjid Al Akbar di Surabaya pada Rabu (28/6/2023) pagi, dan akan dikurbankan usai sholat Idul Adha.

 

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut