get app
inews
Aa Read Next : Mini Bus Elf Hancur Dihantam KA Probowangi di Lumajang, 11 Tewas 4 Luka Berat

Sang Maestro Tari Didi Nini Thowok dan Ratusan Penari Bawakan Tari Topeng Kaliwungu di Harjalu

Kamis, 15 Desember 2022 | 18:53 WIB
header img
Didi Nini Thowok saat Menari Bersama Ratusan Penari di Alun-alun Kabupaten Lumajang (15/12/2022) (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke 767 terasa istimewa dengan hadirnya maestro tari internasional Didik Nini Thowok, Kamis (15/12/2022). 

Didik Nini Thowok memandu langsung ratusan penari asli Kabupaten Lumajang untuk menghibur ribuan masyarakat yang memadati Alun-alun dengan tarian Topeng Kaliwungu. 

Tari Topeng Kaliwungu merupakan warisan budaya tak benda asli Kabupaten Lumajang yang terus dipamerkan dalam setiap even pemerintah agar warisan budaya itu tetap eksis. 

"Tari Topeng Kaliwungu ini adalah warisan budaya tak benda yang dimiliki Lumajang, ini akan terus kita lestarikan," kata Thoriq di Alun-alun Lumajang. 

Sementara, Didik Nini Thowok sang Maestro Tari Internasional mengatakan, sebelum datang ke Lumajang, dirinya sudah mempelajari tentang Topeng Kaliwungu dari kajian-kajian akademis. 

Menurutnya, Topeng Kaliwungu punya ciri khas tersendiri dengan percampuran budaya Madura dan Jawa yang luar biasa. 

"Kaliwungu punya ciri khas sendiri ya pengaruh Pandhalungan, campuran Madura dan Jawa, ini bukti seniman kita luar biasa karena bisa menerima percampuran budaya lain tanpa menghilangkan ciri khas akar budayanya," kata Didi. 

Sementara itu, Dinda salah seorang penari cilik yang turut serta dalam gelaran Tari Topeng Kaliwungu ini mengaku bangga dapat terlibat serta menari langsung dipandu sang Maestro Tari Didi Nini Thowok.

“Saya bangga bisa menari bareng Didi Nini Thowok, meskipun persiapan hanya dua hari tapi semua berjalan lancar” terang remaja yang masih duduk di bangku SMP itu.

Selain Tarian Topeng Kaliwungu, puluhan jaran kencak juga dihadirkan ke Alun-alun Lumajang dan diarak bersama ribuan warga ke sejumlah titik jalan Protokol. 

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut