get app
inews
Aa Read Next : Penanaman Komuditas Bawang Merah di Kabupaten Lumajang Dioptimalkan untuk Stabilitas Harga

Diterjang Angin Puting Beliung Belasan Rumah di Lumajang Rusak

Selasa, 08 Oktober 2024 | 14:43 WIB
header img
Tangkapan layar dampak puting beliung (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang id – Belasan rumah di Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Lumajang, mengalami kerusakan setelah diterjang angin puting beliung pada Selasa (8/10/2024) pagi. Salah satu tenda hajatan milik warga bahkan terbawa angin dan menimpa rumah lainnya.

Rekaman video amatir yang diambil oleh warga memperlihatkan kondisi sesaat setelah angin puting beliung menerjang. Atap-atap rumah tampak berserakan akibat kuatnya tiupan angin.

Menurut keterangan warga, kejadian berlangsung sangat cepat. Angin kencang tiba-tiba muncul saat warga tengah beraktivitas. Dalam waktu singkat, beberapa rumah mengalami kerusakan akibat terjangan angin.

“Tadi kejadiannya pagi saat cuci piring tiba-tiba angin kencang kemudian saya lari keluar rumah, tidak ada korban tapi atap rumah saya rusak” ujar Sulasminah salah seorang warga yang rumahnya terdampak angin puting beliung.

Total sebanyak 12 rumah dilaporkan mengalami kerusakan. Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan BPBD Kabupaten Lumajang segera turun ke lokasi untuk melakukan asesmen kerusakan serta membantu warga membersihkan puing-puing atap yang bertebaran.

“Akibat puting beliung sekitar 12 rumah mengalami kerusakan di bagian atap, kami bersama TNI-Polri dan BPBD Kabupaten Lumajang langsung ke TKP untuk bersama-sama membantu warga dan mendata kerusakan,” ujar Didik Nur Handoko Kepala Desa Selok Awar-awar.

Didik menambahkan tidak ada korban dalam peristiwa ini, Pemerintah desa telah bersurat ke Pj Bupati Lumajang dan Dinas Sosial terkait nasib warga yang terdampak.

“Kami sudah bersurat ke Kabupaten dan Dinsos untuk batian warga terdampak, dan Alhamdulillah tidak ada korban dalam peristiwa puting beliung ini,” pungkas Didik.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut