get app
inews
Aa Read Next : Pusat Perbelanjaan Terbesar di Lumajang Ludes Terbakar, Penyebab Masih Diselidiki

Jalan Lintas Selatan Pasirian-Terpursari Putus Akibat Tergerus Abrasi Air Laut

Jum'at, 06 September 2024 | 18:33 WIB
header img
Jalan lintas selatan Lumajang ambrol tergerus abrasi air laut (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Jalan Lintas Selatan di Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, mengalami kerusakan parah akibat terjangan gelombang tinggi yang melanda kawasan Pantai Rowopandan pada Jumat (6/9/2024) pagi.

Jalan sepanjang sekitar 123 meter tersebut ambrol karena tidak mampu menahan derasnya terjangan air laut, sehingga kini tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Jalan Lintas Selatan ini merupakan akses utama bagi warga Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Tempursari, yang biasa digunakan untuk keperluan mobilitas ekonomi dan pendidikan. Kerusakan ini tentunya berdampak signifikan bagi aktivitas warga setempat.

“Sangat terganggu karena setiap hari lewat sini dari Pasirian ke Tempursari, kalau lewat piket nol terlalu jauh.” Ujar Sami’an seorang warga Kecamatan Tempursari.

Saat ini, jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, itupun dengan tingkat kewaspadaan tinggi, terutama ketika air laut sedang pasang. Kondisi jalan yang rusak memaksa warga yang melintas untuk ekstra hati-hati demi keselamatan.

Sementara itu, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lumajang telah melakukan asesmen terhadap jalan yang rusak akibat abrasi air laut itu.

“Ya kita masih asesmen tadi diukur panjangnya sekitar 123 meter yang terkena abrasi.” Ujar Heri Kurniawan, Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kabupaten Lumajang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan bahwa potensi gelombang pasang di wilayah Pantai Selatan masih akan terjadi dalam satu minggu ke depan. Oleh karena itu, warga diimbau untuk selalu waspada dan menghindari wilayah pesisir yang berisiko terkena dampak langsung gelombang pasang.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut