get app
inews
Aa Read Next : Diskusi Publik IJTI Pokja Lumajang Bedah Kejanggalan RUU Penyiaran

Tak Sekedar Organisasi Profesi, IJTI Tapal Kuda Jadi Tempat Edukasi Mahasiswa Komunikasi

Kamis, 05 September 2024 | 16:23 WIB
header img
Puluhan mahasiswa magang di IJTI Tapal Kuda (foto: IJTI)

JEMBER, iNewsLumajang.id – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koodinator Daerah Tapalkuda mendapatkan kehormatan dengan kedatangan mahasiswa praktikum dari Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton, Probolinggo. Para mahasiswa tersebut akan menjalani praktik lapangan mulai 5 September hingga 10 Oktober 2024.

Selama masa magang, para mahasiswa akan dibimbing untuk menguasai empat tugas utama, yaitu reportase, produksi materi berita, penulisan narasi, dan pengisian suara (voice over).

Ketua IJTI Tapalkuda, Tomy Iskandar, menyampaikan harapannya agar para jurnalis senior di IJTI dapat memberikan bimbingan kepada para mahasiswa dalam menjalani praktik ini.

“Mohon dukungan dari para senior dan anggota IJTI untuk memberikan edukasi kepada para mahasiswa, khususnya dalam bidang jurnalisme televisi,” ungkap Tomy.

IJTI, menurut Tomy, tidak hanya berfungsi sebagai organisasi profesi, tetapi juga berperan dalam memberikan manfaat bagi kalangan pelajar dan mahasiswa melalui berbagi ilmu dan pengalaman.

Sementara itu, Ketua Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Zakiyah Ramadhany, menjelaskan bahwa tujuan dari praktikum ini adalah untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam melakukan reportase dan produksi berita televisi.

"Kami menitipkan para mahasiswa kepada IJTI Tapalkuda dan berharap mereka mendapatkan bimbingan serta arahan dari para jurnalis senior," ujarnya saat penyerahan mahasiswa.

Setelah menjalani praktik di kantor IJTI, para mahasiswa juga akan didistribusikan ke beberapa newsroom televisi lokal di Jember. Diharapkan melalui magang ini, para mahasiswa dapat belajar langsung bagaimana memproduksi berita harian (news daily) di stasiun televisi.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut