get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Polres Lumajang Gerebek Ladang Ganja Amankan 365 Batang Tanaman Ganja

Pj Bupati Lumajang Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai dengan Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Jum'at, 26 Juli 2024 | 15:35 WIB
header img
Pj. Bupati Lumajang lepaskan bibit ikan peringati hari sungai (foto: Kominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun), mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan ekosistem sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ajakan tersebut disampaikan dalam Acara Peringatan Hari Sungai Nasional 2024 yang berlangsung di Wisata Kali Pinusan Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, pada Kamis (25/7/2024).

"Mari kita menjaga ekosistem sungai yang ada di Lumajang, seperti tidak membuang sampah sembarangan, sehingga tidak mengakibatkan sungai tercemar," ujar Yuyun.

Menurutnya, sungai memiliki manfaat ekologis yang besar dan merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Sungai menyediakan air bersih dan sarana irigasi yang penting bagi ketahanan pangan di Lumajang.

"Sungai merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Dari sungai, kita bisa memperoleh air minum dan sumber irigasi, sehingga ketahanan pangan di Lumajang bisa tercukupi dengan baik," jelas Yuyun.

Acara Peringatan Hari Sungai Nasional di Wisata Kali Pinusan Poncosumo diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Provinsi Jawa Timur. Acara tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti penanaman bibit pohon dan pelepasan bibit ikan.

Yuyun berharap, peringatan Hari Sungai Nasional 2024 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem sungai.

"Dengan adanya Hari Sungai ini, diharapkan kita lebih menjaga ekosistem sungai," harapnya.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut