get app
inews
Aa Read Next : Viral Bule Asal Denmark Galang Dana untuk Perbaiki Jembatan Rusak di Indonesia

Viral Anak Penjual Nasi Goreng Lulus Cumlaude di Unair

Senin, 24 Juni 2024 | 18:53 WIB
header img
Viral anak penjual nasi goreng di pinggir jalan lulus cumlaude di Unair (foto: TikTok)

JAKARTA, iNewsLumajang.id - Reno Khoirul Fadli berhasil lulus dengan predikat Cumlaude, membuktikan bahwa hidup dalam keluarga dengan keterbatasan ekonomi tidak menghalangi seseorang untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Video pidato Reno saat prosesi wisuda menjadi viral di dunia maya. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @unair_official, Reno mendeklarasikan dirinya sebagai sarjana pertama di keluarganya.

“Saya Reno Khoirul Fadli S.K.M, dengan ini saya mendeklarasikan saya adalah sarjana pertama di keluarga atas nama Bapak Riyanto Effendi dan Ibu Itidaul Hasanah. Saya anak anda, saya mencintai anda dan saya menghormati anda,” ucap Reno, dikutip Senin (24/6/2024).

Reno merupakan anak dari seorang penjual nasi goreng di pinggir jalan dan merupakan sarjana pertama di keluarganya. Ia mengungkapkan bahwa selama kuliah dirinya hidup dalam ketakutan, bahkan ia takut untuk mendaftar pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) karena khawatir tidak dapat mengawasi kondisi orangtuanya.

“Saya takut orangtua saya kelaparan. Bahkan dalam program, mohon maaf, MSIB, saya tidak berani daftar. Bukan karena takut tidak diterima, tapi takut diterima, karena dengan mengikuti program ini ada kemungkinan saya jauh dari orangtua, sehingga saya tidak bisa memonitor kondisi mereka,” ujar Reno.

Meskipun dihantui berbagai ketakutan tersebut, Reno tidak pantang menyerah dan terus bekerja keras untuk menyelesaikan pendidikannya. Dalam video tersebut, diketahui pula bahwa Reno lulus dengan IPK 3,8.

Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof. Dr. Mohammad Nasih, yang hadir dalam video tersebut, menyatakan akan memberikan rekomendasi pekerjaan untuk Reno.

“Untuk rekomendasi kerja, insyaallah akan kita berikan. Saya terima nanti untuk rekomendasinya, segera kita keluarkan,” ujar Nasih.

Video tersebut kemudian menuai banyak komentar dari netizen. Banyak yang saling menyemangati dan termotivasi dengan kisah yang disampaikan oleh Reno.

“Untuk semua yang sedang berjuang mengangkat derajat orang tua, semoga Allah memudahkan jalan kita,” tulis @itsme.selvia_

“Kak, bangga banget sama kamu, semoga aku juga bisa diterima di Unair,” tulis @markf.020

“Kak, kita gak kenal tapi asli merinding banget, kamu keren banget. Aku turut bangga,” tulis @ohhhdiam.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut