get app
inews
Aa Read Next : Polisi Resmi Menahan Oknum Pengasuh Ponpes yang Nikahi Anak di Bawah Umur, Terancam 15 Tahun Penjara

Kurangi Sampah Plastik Panitia Kurban di Lumajang Gunakan Besek Bambu dan Daun Jati

Selasa, 18 Juni 2024 | 14:17 WIB
header img
Panitia kurban gunakan besek bambu dan daun jati untuk kurangi sampah plastik (foto:DLH Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Dalam upaya mengurangi dampak lingkungan dari pembagian daging kurban, sejumlah panitia penyelenggara di berbagai wilayah Kabupaten Lumajang mulai beralih menggunakan wadah ramah lingkungan.

Meskipun adopsi tersebut belum menyeluruh, langkah ini telah menarik perhatian dan apresiasi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik.

"Alhamdulillah, tadi saya mendapatkan laporan dari tim yang sedang melakukan pemantauan proses penyembelihan hewan kurban. Banyak di antaranya yang sudah menggunakan wadah ramah lingkungan, dan ini saya apresiasi betul," ungkap Hertutik saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (18/6/2024).

Beragam jenis wadah ramah lingkungan telah digunakan oleh panitia, termasuk besek bambu, daun pisang, dan daun jati sebagai pembungkus daging kurban.

Inisiatif ini tidak hanya mengurangi penggunaan plastik, tetapi juga mendukung pelestarian budaya lokal dan keberlanjutan lingkungan.

Hertutik berharap, melalui berbagai sosialisasi yang dilakukan baik secara langsung maupun melalui media sosial, semakin banyak masyarakat yang teredukasi dan sadar akan pentingnya menggunakan wadah ramah lingkungan dalam penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

"Harapannya nanti semakin banyak masyarakat yang sadar dan paham tentang pengelolaan sampah serta pentingnya menjaga lingkungan," tuturnya.

Upaya tersebut merupakan bagian dari komitmen Kabupaten Lumajang untuk terus meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat, khususnya dalam kegiatan-kegiatan tradisional seperti penyembelihan hewan kurban.

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, diharapkan dapat mempercepat tercapainya tujuan ini.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut