get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Lumajang Raih Penghargaan SAKIP dengan Predikat Sangat Baik

Lumajang Terima Bantuan dari Kementan Berupa Alsintan untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

Rabu, 29 Mei 2024 | 23:28 WIB
header img
Kabupaten Lumajang terima bantuan alsintan (foto: Kominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG , iNewsLumajang.id – Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menerima bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) berupa 35 unit traktor roda dua yang disalurkan kepada puluhan kelompok tani di 15 kecamatan.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun), di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang pada Rabu (29/5/2024).

Yuyun menekankan pentingnya bantuan Alsintan ini sebagai langkah nyata dari pemerintah pusat, yang disalurkan melalui Kementerian Pertanian RI, untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian.

"Dalam rangka mengantisipasi darurat pangan, Kementerian Pertanian melalui pemerintah pusat memberikan bantuan Alsintan berupa 25 unit hand traktor roda dua dan 10 unit rotary traktor kepada 35 kelompok tani di 15 kecamatan," jelasnya.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan Alsintan tersebut secara efektif oleh para kelompok tani, dengan harapan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah Lumajang.

"Saya berharap bantuan Alsintan di 15 kecamatan ini bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong hasil produksi pertanian," tambahnya.

Selain traktor roda dua, kelompok tani juga menerima bantuan 60 unit pompanisasi. Kabar baiknya, pemerintah pusat akan menambah bantuan 17 unit pompanisasi lagi.

"Dari 77 kelompok tani di Lumajang, 60 unit pompanisasi sudah disalurkan dan sisanya akan segera menyusul. Ini merupakan dorongan besar bagi sektor pertanian di wilayah kita," pungkasnya.

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut