get app
inews
Aa Read Next : Viral Sumur Warga Tembus Langit-langit Goa, Netizen: Pintu Kemana Saja di Dunia Nyata

Viral Bule India Isi Mobil Mini Cooper Pakai Bensin Eceran, Apa Dampaknya ke Mesin?

Minggu, 21 April 2024 | 21:02 WIB
header img
Viral bule India isi mobil mini Cooper pakai pertalite eceran, amankah? (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsLumajang.id - Sebuah video viral di media sosial menampilkan seorang turis India yang mengisi mobil Mini Cooper dengan bahan bakar jenis Pertalite di sebuah lapak eceran.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @firdauzeus tersebut menuai perhatian banyak netizen, terutama karena Mini Cooper dikenal sebagai mobil dengan mesin berteknologi canggih.

Dalam video tersebut, turis tersebut ditawari dua jenis bahan bakar, namun ia memilih untuk mengisi dengan Pertalite, yang seharusnya tidak direkomendasikan untuk mobil Mini Cooper.

Mobil yang digunakan adalah Mini Cooper 3-door dengan atap model convertible, dengan tiga varian mesin berbeda, termasuk mesin 1.5 cc 3-cylinder dan 2.0 cc 4-cylinder dengan teknologi MINI Twin Power Turbo, serta Cooper S dengan mesin 4 silinder dan teknologi Twin Turbo.

Menurut spesifikasi, mobil tersebut seharusnya menggunakan bahan bakar dengan oktan minimal RON 92 untuk mengoptimalkan kinerja mesin dan menghindari kerusakan.

Meskipun secara teknis mobil turbo dapat menggunakan Pertalite, namun efisiensi bahan bakarnya menjadi berkurang dan mesin menjadi lebih boros karena pembakaran yang tak maksimal, seperti yang diungkapkan oleh Rifat Sungkar, seorang pembalap nasional dan pengamat otomotif Indonesia.

Selain itu, mengisi bahan bakar di lapak eceran juga memiliki risiko bagi mesin kendaraan, karena kualitas BBM yang tidak terjamin dan penyimpanan dalam botol kaca yang terpapar sinar matahari dapat menurunkan kualitasnya.

Perubahan komposisi kimia BBM yang mengalami penurunan kualitas dapat menyebabkan kerak menumpuk di berbagai komponen mesin, seperti klep, piston, dan kepala silinder, yang pada akhirnya dapat mengganggu kinerja mesin.

Dengan demikian, penggunaan Pertalite pada mobil Mini Cooper dan pengisian bahan bakar di lapak eceran perlu menjadi perhatian bagi pemilik mobil, untuk menjaga kinerja mesin dan mencegah kerusakan yang mungkin terjadi.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut