get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Lumajang Raih Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Award 2024

Pastikan Keamanan dan Kenyamanan, Satlantas Polres Lumajang Cek Kelayakan Angkutan Mudik

Selasa, 09 April 2024 | 16:41 WIB
header img
Satlantas Polres Lumajang lakukan ramp check kendaraan angkutan mudik (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Dalam upaya memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan pemudik hingga tujuan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lumajang melakukan tes urine terhadap sopir bus serta pemeriksaan kelayakan kendaraan (ramp check) armada bus.

Kegiatan ramp check dan tes urine berlangsung di Terminal Tipe B Minak Koncar, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, pada Selasa (9/4/2024).

Kapolres Lumajang, AKBP Mohammad Zainur Rofik, S.I.K., melalui Kasatlantas Polres Lumajang, AKP Suwarnoz, S.H., M.H., menyampaikan bahwa pemeriksaan kendaraan ini dilakukan dalam rangka kesiapan angkutan Lebaran 2024, dengan tujuan utama menjaga keselamatan para pemudik.

"Tes urine dilaksanakan secara bersamaan dengan ramp check kendaraan angkutan Lebaran. Hal ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran," jelas AKP Suwarno.

Dari hasil pemeriksaan tes urine terhadap 30 sopir angkutan, tidak ditemukan adanya penggunaan narkoba. "Hasil pemeriksaan tes urine dari Dokkes Polres Lumajang menunjukkan bahwa semuanya negatif, tidak ditemukan yang menggunakan narkoba," ungkapnya.

Suwarno menambahkan bahwa ramp check dilakukan guna memastikan semua armada bus yang digunakan sebagai angkutan pemudik berada dalam keadaan aman dan layak jalan.

Pemeriksaan dilakukan terhadap berbagai komponen kendaraan seperti rem, lampu sein, klakson, wiper, ban, dan lainnya.

"Dari hasil ramp check, tidak ditemukan armada bus yang mengalami penyimpangan. Semua armada terbukti lengkap dan layak jalan. Kami juga akan menjalankan ramp check ini secara rutin. Namun, ditemukan beberapa lampu leting yang rusak dan langsung diperbaiki," tambahnya.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut