get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Lumajang Raih Penghargaan SAKIP dengan Predikat Sangat Baik

Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Satlantas Polres Lumajang Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Kamis, 14 Desember 2023 | 14:11 WIB
header img
Satlantas Polres Lumajang berikan sosialisasi keselamatan berkendara kepada pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Lumajang (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Satlantas Polres Lumajang melaksanakan sosialisasi keselamatan berkendara bagi para pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Lumajang, di SMA Negeri 2 Lumajang, pada Kamis (14/12/2023).

Upaya ini dilakukan sebagai respons terhadap tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pelajar. Data Satlantas Polres Lumajang mencatatan sepanjang tahun 2023, sebanyak 138 kasus kecelakaan pelajar dengan 18 korban meninggal dunia.

Dalam sosialisasi ini, para pelajar diajak memahami berbagai pelanggaran yang dapat menjadi pemicu kecelakaan, mulai dari modifikasi kendaraan yang tidak sesuai standar hingga ketertiban berkendara dengan menggunakan helm dan memiliki surat izin berkendara.

“Hari ini kami melakukan sosialisasi keselamatan berkendara kepada pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Lumajang, karena hasil evaluasi kami angka kecelakaan yang melibatkan pelajar masih cukup tinggi” ujar Kasatlantas Polres Lumajang AKP Suwarno.

Kegiatan ini diarahkan untuk meminimalisir angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, khususnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kami berharap dengan sosialisasi ini fatalitas yang diakibatkan oleh kecelakaan bisa ditekan, khususnya yang melibatkan kalangan pelajar” tambah Suwarno.

Sementara itu, Keyza salah seorang pelajar SMA Negeri 2 Lumajang yang mengikuti kegiatan ini mengaku memperoleh banyak informasi terkait keselamatan berkendara.

“Menurut saya kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami kalangan pelajar, karena menurut informasi dari Pak Polisi kecelakaan pelajar di Lumajang cukup tinggi jadi kami bisa lebih berhati-hati saat berkendara di jalan raya” kata Keyza.

Tak hanya itu, para pelajar juga diberikan pemahaman terkait tilang elektronik (ETLE) yang dapat diterapkan melalui mobil ETLE.

Satlantas Polres Lumajang berupaya keras dalam memberikan pemahaman kepada para pelajar agar dapat menjadi pengendara yang lebih disiplin dan bertanggung jawab di jalan raya, terlebih pada saat merayakan tahun baru yang akan datang.

 

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut