get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Keamanan dan Kenyamanan, Satlantas Polres Lumajang Cek Kelayakan Angkutan Mudik

Jumlah Penumpang Kereta Api Daop 9 Meningkat Dibanding Lebaran Tahun Lalu

Senin, 24 April 2023 | 19:22 WIB
header img
Jumlah penumpang kereta api Daop 9 meningkat dibanding lebaran tahun lalu (foto:Humas KAI Daop 9)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Hari Raya Idul Fitri 1444H jatuh bertepatan dengan tanggal 22-23 April 2023, selama dua hari tersebut KAI Daop 9 Jember memberangkatkan sebanyak 15.055 pelanggan.

Jumlah itu meningkat sebesar 27 persen dibanding lebaran sebelumnya tahun 2022 yang memberangkatkan total 11.846 pelanggan dalam dua hari.

PLT Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Azhar Zaki Assjari mengatakan meningkatnya animo masyarakat untuk menggunakan kereta api selama Lebaran Tahun 2023 menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat sudah semakin membaik.

“Selama dua hari lebaran tanggal 23-24 April, penumpang yang berhasil diangkut oleh Daop 9 Jember sebanyak 15.055, angka tersebut lebih banyak 3.209 dibanding dua hari lebaran tahun kemarin yang mengangkut 11.846,” terang Azhar.

Azhar menambahkan, pada hari pertama arus balik Senin (24/4/2023) jumlah penumpang yang berangkat dari Daop 9 Jember sebanyak 9.992, sedangkan yang turun sejumlah 9.689 pelanggan.

Jika pada arus mudik dari tanggal 14-23 April, kecenderungan penumpang yang turun lebih tinggi daripada keberangkatan, maka berdasar data sementara untuk arus balik dari tanggal 24 April sampai 2 Mei terjadi sebaliknya, penumpang yang berangkat lebih tinggi dari yang turun di wilayah Daop 9 Jember.

“Pada periode arus balik, banyak warga Probolinggo, Jember hingga Banyuwangi yang kembali ke kota perantauan dengan menggunakan kereta api,” kata Azhar.

Untuk para pelanggan sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api, diimbau memeriksa kembali tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket.

“Jangan sampai penumpang datang ke stasiun sudah melewati tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket, jika terjadi hal seperti itu maka tiket dinyatakan hangus,” jelas Azhar.

Disamping itu para pelanggan juga diimbau untuk melihat kembali relasi dan stasiun keberangkatan saat akan memesan tiket ataupun saat akan naik kereta api.

“Di Daop 9 Jember ada dua stasiun yang mengalami perubahan nama terhitung 1 Desember 2019 yakni Stasiun Karangasem berubah menjadi stasiun Banyuwangi Kota, dan stasiun yang dulunya bernama Banyuwangi Baru telah berubah menjadi stasiun Ketapang. Hati-hati jangan sampai salah naik, karena penumpang tidak diperbolehkan naik dari stasiun di luar relasi yang telah dipesan,” papar Azhar

Sementara itu, tiket pada arus balik di Daop 9 Jember masih cukup tersedia dari H+3 hingga H+10 lebaran yaitu tanggal 26 April sampai dengan 3 Mei untuk beberapa kereta api.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut