get app
inews
Aa Read Next : Mini Bus Elf Hancur Dihantam KA Probowangi di Lumajang, 11 Tewas 4 Luka Berat

Heboh Fenomena Tanah “Bergoyang” di Desa Bades, Pasirian Viral di Media Sosial

Selasa, 14 Maret 2023 | 22:14 WIB
header img
Perangkat Desa Bades dan Babinsa mendatangi lokasi fenomena tanah bergoyang (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Sebuah video yang memperlihatkan fenomena tanah bergoyang saat diinjak oleh seorang warga, viral di media sosial sejak beberapa hari terakhir.

Dalam rekaman video viral tersebut, nampak seorang pria yang sedang menginjak-injak tanah, anehnya tanah yang diinjak bergerak seperti ada air dibawah lapisan tanah.

Diketahui lokasi video tersebut diambil berada di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, tepatnya berada di tepi jalur aliran lahar dingin gunung Semeru.

Menindaklanjuti fenomena tanah bergoyang yang viral tersebut, perangkat desa setempat langsung mendatangi lokasi untuk memastikan luasan tanah.

Sutasmir perangkat Desa Bades yang mendatangi lokasi fenomena tanah bergoyang itu mengatakan, luasan tanah yang terdapat fenomena aneh tersebut hanya 3 kali 3 meter persegi.

“Ya kita langsung ke lokasi untuk melihat fenomena tanah bergoyang yang viral itu, setelah diukur luasannya hanya 3 kali 3 meter persegi” kata Sutasmir.

Saat ditanya soal penyebab fenomena tanah bergoyang tersebut, Sutasmir menduga jika hal tersebut terjadi karena tanah tersebut mengandung air didalamnya, sehingga saat terinjak akan bergerak.

“Kalau sebab pastinya belom tahu karena bukan ahlinya, tapi mungkin karena ada kandungan air didalamnya” ujar Sutasmir.

Sementara itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan perangkat desa memasang tanda di sekitar tanah bergoyang tersebut agar tidak dilintasi truk tambang pasir.

“Kita kasih tanda kayu agar armada truk tambang pasir tidak lewat sini karena bahaya bisa terjebak kalo lewat diatasnya” tutup Sutasmir.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut