get app
inews
Aa Read Next : Mini Bus Elf Hancur Dihantam KA Probowangi di Lumajang, 11 Tewas 4 Luka Berat

Ular Piton Sepanjang 4 Meter Hebohkan Pengunjung Wisata Alam Ranu Pakis

Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:55 WIB
header img
Petugas dan warga saat mengevakuasi ular piton dengan panjang sekitar 4 meter di area wisata alam Ranu Pakis (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Puluhan pengunjung wisata alam Ranu Pakis, di Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, dihebohkan dengan kemunculan ular piton dengan ukuran cukup besar.

Ular piton dengan panjang sekitar 4 meter itu melilit sebuah pohon jati di tepi danau, tak ayal kemunculan ular inipun langsung menjadi tontonan pengunjung.

Napon salah seorang warga setempat mengatakan, ular piton tersebut memang kerap meresahkan warga lantaran memangsa ternak warga seperti ayam dan bebek.

“Iya sering makan ternak warga, kalau disini memang banyak ular tapi warga takut mau nangkap” ujar Napon, Sabtu (11/03/2023) sore.

Karena dirasa membahayakan pengunjung wisata Ranu Pakis, pengelola wisata kemudian melaporkan kemunculan ular piton itu ke petugas.

Tak berselang lama, petugas TNI-POLRI dibantu warga kemudian mengevakuasi ular piton itu. Proses evakuasi berlangsung cukup lama lantaran posisi ular piton melilit pohon jati yang berada di tepi danau yang curam.

Setelah berupaya selama kurang lebih satu jam, petugas dan warga akhirnya dapat mengevakuasi ular piton tersebut.

Iptu Khoirin Kapolsek Klakah mengatakan, ular yang dievakuasi cukup besar dan jika dibiarkan akan berpotensi membahayakan pengunjung wisata Ranu Pakis.

“Cukup besar kira-kira beratnya lebih dari 50 kilogram dan panjangnya sekitar 4 meter, kita evakuasi karena sering memangsa ternak warga dan kalau dibiarkan bisa membahayakan pengunjung” kata Khoirin.

Kapolsek Klakah menambahkan, ular piton tersebut akan diamankan sementara di Polsek Klakah sebelum diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Kita amankan ke Polsek dulu, kemudian akan kami serahkan ke BKSDA untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya” tutup Khoirin.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut