get app
inews
Aa Read Next : Viral Seorang Pemuda Presentasi di Depan Orang Tua Pacar untuk Dapat Restu

5 Tips Asyik dan Menyenangkan saat Mengajari Anak Mengaji

Minggu, 15 Januari 2023 | 18:08 WIB
header img
ilustrasi orang tua ajarkan anak mengaji (foto: istimewa)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Membimbing dan mengajari anak beribadah merupakan kewajiban bagi setiap orang tua. Terlebih sebagai umat muslim tak hanya sholat wajib dan sunnah, namun orang tua juga mempunyai kewajiban mengajarkan mengaji kitab suci Al-Qur’an dan memaknai masing-masing ayat yang dibaca.

Namun terkadang mengajarkan hal baru kepada anak terlebih anak usia dini memiliki tantangan tersendiri bagi orang tua, agar anak mau dan tidak bosan saat belajar Al Qur’an.

Yah tentu banyak cara bisa dilakukan agar belajar mengaji tetap asyik dan menyenangkan, hanya butuh sedikit kreatifitas orang tua untuk mengkreasikan cara dan media dalam mengajar anak.

Yuk coba beberapa tips berikut agar anak tidak gampang bosan saat belajar mengaji. 5 Tips Asyik dan Menyenangkan saat Mengajari Anak Mengaji :

1.Mendengarkan Lantunan Ayat Al Qur’an

Jika anak anda masih berusia dibawah 5 tahun dan belum bisa membaca Al Qur’an, maka Anda bisa membantu dengan memutar murrottal atau mendengarkan lantunan Al Qur’an.

Dengan cara ini meskipun anak belum bisa membaca Al Qur’an namun saat mendengar lantunan ayat -ayat Al Qur’an, anak akan punya kecenderungan dalam hal meniru dan menghafal. Tanpa disadari lantunan ayat -ayat Al Qur’an itu akan terekam di otak anak dan lambat laun ia akan hafal dengan sendirinya.

Mengajak anak ke tadarus Al-Quran untuk mendengarkan serta menyimak langsung, juga bisa Anda coba dalam menerapkan cara ini.

2. Bergantian menyimak

Mengajari anak mengaji agar tidak bosan juga bisa dilakukan dengan cara Anda ikut mengaji. Jadi, cobalah cara mengaji berantai atau sambung-menyambung. Tidak hanya mengaji, cara ini juga bisa digunakan sebagai media untuk mengajak anak menghafal surat-surat, sehingga Ia dapat dengan cepat mengingat surat atau ayat Al-Quran.

Anda bisa memulai dengan membaca surat terlebih dahulu. Cukup baca beberapa ayat dan minta anak untuk menyambungnya, dan lanjutkan lagi oleh Anda. Belajar mengaji dengan cara ini juga bisa mendekatkan Anda dengan anak, serta melatih kekompakan keluarga.

3. Menggunakan Media Lain

Mengajarkan anak mengaji tidak selalu harus dengan menggunakan buku iqra atau Al-Quran. Namun, Anda bisa mencoba media lain yang membuat anak lebih tertarik. Misalnya, Anda bisa memutar surat-surat Al-Quran melalui video youtube atau podcast sembari membaca Al-Quran. Cara ini bisa membantu anak melatih pelafalan dan pengucapannya.

4. Membuat Kuis Tebak Huruf dan Memberi Reward

Cara yang satu ini dijamin membuat anak betah dan bersemangat belajar mengaji. Cobalah membuat kuis seru-seruan dengan anak yang temanya seputar Al-Quran. Pertama Anda bisa memulai kuis mengacak huruf hijaiyah, lalu minta anak untuk mengurutkannya. Selanjutnya, coba untuk mengajak anak menebak pelafalan huruf hijaiyah tersebut. Permainan ini dapat Anda kemas dengan berbagai bentuk, seperti buku kliping atau kartu. Jika anak berhasil tidak ada salahnya jika Anda memberi sedikit hadiah agar anak semakin termotivasi.

5. Menghargai Usaha Anak

Menghargai usaha anak dalam proses belajar mengaji menjadi bagian terpenting, sebab ini bisa membuat anak lebih termotivasi dan mau belajar lagi. Anda bisa juga memberikan penghargaan kecil-kecilan, seperti ucapan semangat dan terima kasih, serta bisa juga dengan cara memberikan makanan favorit anak Anda. Cara ini membuat anak merasa dihargai dan semangat untuk terus belajar.

Nah itulah 5 Tips Asyik dan Menyenangkan saat Mengajari Anak Mengaji, agar anak tidak gampang bosan saat belajar mengaji. Semoga tips diatas bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut