Logo Network
Network

6 Tips Kreatif Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Galih
.
Minggu, 15 Januari 2023 | 19:46 WIB
6 Tips Kreatif Mencegah Anak Kecanduan Gadget
ilustrasi anak kecanduan gadget (foto: istimewa)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Di zaman serba digital seperti saat ini, gadget menjadi salah satu barang yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Segalanya menjadi lebih mudah, seperti dunia dalam genggaman. Bagaimana tidak, saat ini apapun bisa dilakukan melalui handphone, mulai dari transaksi perbankan hingga belajar daring bagi anak-anak.

Kemajuan teknologi tentu memiliki sisi positif dan sisi negatifnya sendiri, terlebih bagi tumbuh kembang anak. Mengenalkan gadget kepada anak untuk kebutuhan pendidikan tentu hal yang positif, namun jika anak mulai ketergantungan dengan gadget akan mendatangkan masalah.

Berikut ini 6 Tips Kreatif Mencegah Anak Kecanduan Gadget :

1.Batasi waktu penggunaan

Batasi penggunaan gadget sesuai dengan rekomendasi kelompok umurnya. Dikutip dari The American Academy of Pediatrics menerbitkan pedoman screen time diantaranya, Anak-anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian, termasuk TV, handphone dan tablet.

Anak-anak usia 2 sampai 4 tahun kurang dari satu jam sehari sedangkan anak usia 5 tahun ke atas sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasional atau di luar kebutuhan belajar.

2. Beri jadwal

Jadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget. Di luar itu, orang tua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi, misal mengajak anak bermain permainan tradisional atau melakukan kegiatan di luar rumah yang membuat anak melupakan gadgetnya.

3. Jangan beri akses penuh

Handphone sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya. Biarkan anak meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan ambil kembali setelah selesai.

4. Tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget

Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya di meja makan, di kamar tidur, dan di mobil.

5. Ajarkan anak pentingnya menahan diri

Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika ia berhasil menahan diri untuk tidak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

6. Berikan contoh yang baik

Terakhir sudah jadi pengetahuan umum bahwa anak meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, orang tua juga harus menjadi contoh yang baik, letakkan HP dan bermainlah bersama si kecil

Itulah 6 Tips Kreatif Mencegah Anak Kecanduan Gadget , sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk membimbing anak agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik, oleh karenanya orang tua juga dituntut untuk kreatif dan inovatif demi masa depan anak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Yayan Nugroho
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.