get app
inews
Aa Read Next : Jual Langsung di Ladang, Cara Petani di Lumajang Tingkatkan Nilai Jual Sayur Hasil Panen

Jalan Tol Probolinggo - Lumajang akan Dibangun, Cak Thoriq: Bisa Jadi Stimulus Percepatan Ekonomi

Selasa, 10 Januari 2023 | 19:22 WIB
header img
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat sidak stockpile (foto: Kominfo Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Rencana pembangunan jalan tol Probolinggo - Lumajang yang digagas pemerintah pusat disambut positif oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, dengan adanya jalan tol ini diharapkan bisa menjadi stimulus percepatan dan kenaikan ekonomi Lumajang.

Pasalnya, Kabupaten yang dikenal dengan sebutan kota pisang ini memiliki banyak bahan baku kebutuhan industri.

Misalnya, stok pasir untuk kebutuhan pembangunan bangunan serta infrastruktur yang lain melimpah di Lumajang.

Selain itu, terdapat 120 industri olahan kayu yang siap untuk dikirim ke luar Lumajang. Belum lagi hasil pertanian dan perkebunan berupa padi, pisang, bawang merah, kelapa, dan sebagainya.

"Jadi di Lumajang itu kan banyak stok bahan baku mentah untuk industri, kemudian industri setengah jadi kan juga banyak, kita juga punya 120 industri olahan kayu. Ini semua bisa dimaksimalkan potensinya saat tol ini terbangun," kata Thoriq di Lumajang, Jumat (10/01/2023).

Thoriq menjelaskan, selama ini, banyaknya kendaraan angkutan barang hasil industri yang lalu lalang membuat perputaran ekonomi terkadang tersendat akibat kerap kali macet.

Menurutnya, kepadatan lalu lintas di Lumajang harus dibagi. Salah satunya dengan adanya tol. Sehingga, angkutan material bahan baku tidak bercampur dengan kendaraan pribadi yang juga membutuhkan kecepatan akses.

"Diantara kajian tol itu salah satunya membagi ruang yang angkutan material bahan baku industri itu lewat bawah untuk menghemat ongkos produksi, tapi kendaraan pribadi, kendaraan yang perlu cepat karena akses kecepatan antar daerah itu juga menjadi salah satu penopang percepatan ekonomi ya pilihannya jalan tol," jelas Thoriq.

"Di Lumajang kan sudah macet, sekali saja ada kendaraan yang mengalami kendala ya sudah macetnya bisa enam jam," imbuhnya.

Oleh karenanya, Thoriq berharap agar pembangunan jalan tol Probolinggo - Lumajang ini segera direalisasikan oleh pemerintah pusat.

"Kita berharap ini segera ada realisasi karena ini domain dari pemerintah pusat jadi mana yang akan diprioritaskan, kami berharap Lumajang ini bisa segera dikerjakan," pungkasnya.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut