get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswi Tewas Terlindas Truk Tronton di Jalan Raya Sumbersuko

5 Referensi Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Lumajang

Rabu, 04 Januari 2023 | 18:07 WIB
header img
Santriwati saat belajar Al Qur'an di pondok pesantren (foto: istimewa)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Kabupaten Lumajang dikenal memiliki panorama alamnya yang indah, bahkan daerah yang memiliki julukan Kota Pisang ini menjadi salah satu jujukan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebut saja Puncak Mahameru yang setiap tahunnya selalu didatangi ratusan ribu pendaki dari berbagai daerah, atau Ranu Kumbolo yang sangat digandrungi wisatawan.

Namun selain memiliki panorama alam yang cantik, Kabupaten Lumajang juga memiliki ratusan pondok pesantren yang tersebar di setiap kecamatan. Bahkan tak jarang warga daerah lain jauh-jauh memasukan anaknya ke pondok pesantren di Lumajang karena kualitas dan tradisi pondok pesantren di Lumajang yang masih cukup kental.

Nah berikut referensi 5 pondok pesantren modern terbaik yang ada di Kabupaten Lumajang.

1.Pondok Pesantren Asy Syarif Lumajang

Pondok pesantren Asy Syarif beralamat di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang atau sekitar 15 kilometer sisi selatan pusat kota Lumajang.

Yang menarik pondok pesantren Asy Syarif dinobatkan sebagai Eco Boarding School karena menerapkan pesantren berbasis lingkungan. Adapun program unggulannya adalah Tahfidz Qur’an dan Lembaga Pengembangan Bahasa Asing.

Tak hanya diajarkan bahasa Inggris dan bahasa Arab, santri dan santriwati juga diajarkan bahasa Jepang serta bahasa China. Di samping itu tersedia juga pendidikan pesantren meliputi ilmu alat seperti Nahwu dan Sharf untuk bisa membaca kitab kuning.

2.Pondok pesantren modern Darun Najah

Pondok pesantren Darun Najah beralamat di Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang atau hanya sekitar 5 kilometer dari pusat kota Lumajang.

Jika rata-rata pondok pesantren berwarna modern atau salafiyah, pondok pesantren satu ini berbeda yakni salafiyah tapi modern. Model pesantren yang demikian biasanya memiliki identitas pendidikan formal dan diniyah secara bersamaan.

Yang menarik pondok pesantren Darun Najah adalah kajian kitab kuningnya yang masih dipertahankan. Oleh sebab itu pondok pesantren ini kerap disebut dengan salafiyah modern.

Selain itu pendidikan formal di pondok pesantren Darun Najah cukup variatif, dari pendidikan Tsanawiyah, Aliyah, hingga Sekolah Menengah Kejuruan.

3.Pondok pesantren Al Fauzan

Seperti pondok pesantren Darun Najah, pondok pesantren Al Fauzan memiliki warna salafiyah modern. Namun demikian pendidikan formal di pondok pesantren ini cukup kental dan semua santri wajib tinggal di pondok. Pondok pesantren Al Fauzan beralamat di Jalan Letkol Slamet Wardoyo, Desa Labruk Lor, Lumajang.

Pesantren ini sering meraih prestasi diantaranya adalah juara 3 KSM mata pelajaran matematika se-kabupaten Lumajang, selain itu pada tahun 2016 juga meraih juara KSM mata pelajaran fisika se-Kabupaten Lumajang.

Untuk pendidikan di pondok pesantren Al Fauzan menggunakan dua model yakni pendidikan khusus Al-Qur’an dan pendidikan pesantren Diniyah dari Ula hingga Ulya, kajian 4 maghdab dan lain sebagainya.

4.Pondok pesantren Miftahul Ulum

Pondok pesantren Miftahul Ulum beralamat di Desa Banyuputih Kidul, Kecamatan Jatiroto, Lumajang. Pondok pesantren ini merupakan pondok pesantren tertua di Kabupaten Lumajang, berdiri sejak tahun 1930.

Pondok pesantren Miftahul Ulum memiliki sistem pendidikan yang beragam, seperti laiknya pesantren-pesantren besar dan tua lainnya dari Raudhatul Athfal, SD hingga Madrasah Aliyah.

Aspek lain dari pondok pesantren ini yang menarik adalah pendidikan non formalnya yang juga beragam, antara lain madrasah Al Qur’an, pendidikan sains alam, manajemen dan administrasi.

5.Pondok pesantren Miftahul Midad

Pondok pesantren Miftahul Midad beralamat di Desa Sumberejo, Kecamatan Sukodono, Lumajang. Pondok pesantren ini berdiri sejak tahun 1988 dan hingga saat ini masih berkembang dengan baik.

Identitas pondok pesantren ini adalah tradisional seperti laiknya pesantren-pesantren di Jawa Timur, yang mengedepankan kajian kitab kuning. Namun demikian pendidikan formalnya juga tidak hilang, ada jenjang pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah, kemudian di sore hari ada pendidikan diniyah.

Beberapa kegiatan yang menarik di pondok pesantren Miftahul Midad adalah pengembangan bahasa, bahsul masail, diskusi ilmiah, wirausaha dan banyak lagi lainnya.

Itulah referensi 5 pondok pesantren terbaik di Kabupaten Lumajang. Bagi orang tua yang ingin memasukan anaknya ke pondok pesantren tak perlu ragu karena referensi pondok pesantren diatas sudah terbukti berkualitas dan siap mendidik anak-anak menjadi pribadi mandiri dan berakhlak mulia.

 

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut