get app
inews
Aa Read Next : Mini Bus Elf Hancur Dihantam KA Probowangi di Lumajang, 11 Tewas 4 Luka Berat

Menhan Prabowo Kunjungi Pengungsi Semeru, Pengungsi Minta Lapangan Kerja dan Perbaikan Bendungan

Kamis, 08 Desember 2022 | 18:23 WIB
header img
Menhan Prabowo Subianto saat Kunjungi Pengungsi Semeru di Kecamatan Pronojiwo Lumajang

Lumajang, iNewsLumajang.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi posko pengungsian korban erupsi Gunung Semeru di SMP 2 Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (8/12/2022).

 

Selain menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Semeru, Prabowo juga membagikan 10 unit motor trail untuk menunjang kinerja TNI membantu masyarakat.

 

Diketahui, Kecamatan Pronojiwo memiliki medan cukup berat dan banyak masyarakat tinggal di lereng Semeru yang sulit dijangkau.

 

Dalam kesempatan itu, Prabowo sempat  berdialog dengan penyintas, salah satunya Agus, warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

 

Agus meminta kepada Prabowo untuk menyediakan lahan pekerjaan di tempat hunian baru yang dibangun pemerintah untuk korban erupsi yang tinggal di zona merah.

 

"Saya dan warga yang lain disini hanya ingin minta disediakan pekerjaan di hunian baru nanti, karena di tempat yang sekarang kita tinggali sekarang sudah sulit untuk kami berladang karena ketutup pasir," kata Agus kepada Prabowo.

 

Sementara, penyintas lainnya, Amin meminta agar bendungan di Desa Oro-oro Ombo dilakukan normalisasi, sebab kondisinya saat ini, bendungan itu sama tingginya dengan tumpukan material yang dimuntahkan Gunung Semeru.

 

"Kami tinggal di zona hijau, tapi cek dam (bendungan) di desa kami yang dulunya tinggi sekarang sudah sama (tingginya) dengan pasir, khawatirnya kalau ada erupsi lagi meluber ke pemukiman," jelas Amin.

 

Menanggapi aduan pengungsi, Prabowo berjanji akan segera mengkoordinasikan dengan kementerian terkait agar kebutuhan masyarakat bisa segera direalisasikan.

 

"Saya kesini mewakili Bapak Presiden. Apa yang disampaikan bapak ibu sekalian jika bisa akan saya bantu, kalau tidak bisa akan saya laporkan kepada Bapak Presiden, juga nanti akan kami koordinasikan dengan kementerian terkait," jelas Prabowo.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut