get app
inews
Aa Read Next : 5 Alternatif Pengganti Gula Putih, Tetap Manis dan Lebih Sehat

Hidroterapi Pemandian Alam Selokambang di Lumajang Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit

Senin, 23 Januari 2023 | 18:09 WIB
header img
Sejumlah warga melakukan hidroterapi di Pemandian Alam Selokambang Senin 23/01/2023 (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Pemandian Alam Selokambang di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang menjadi salah satu wisata unggulan bagi masyarakat Lumajang dan sekitarnya.

Namun tak banyak yang tahu, jika pemandian yang menggunakan air dari sumber mata air alami ini, juga memiliki manfaat kesehatan dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti stroke, diabetes, hingga penyakit syaraf.

Tak heran jika setiap hari usai waktu subuh, pemandian Selokambang selalu ramai dikunjungi, kedatangan warga di pagi buta ini bukan tanpa alasan. Mereka akan melakukan terapi air di kawasan wisata pemandian alam ini.

Yah, hidroterapi di Selokambang sebelum matahari terbit dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Edi (50), warga Desa Bodang, Kecamatan Padang, sudah beberapa tahun terakhir ini rutin melakukan terapi air.

Ia bercerita, telah lama menderita saraf kejepit. Sebelum melakukan terapi air di Selokambang, berbagai macam terapi telah dicoba namun tidak membuahkan hasil. Setelah mencoba hidroterapi di pemandian Selokambang, perlahan sakit yang dideritanya mulai sembuh.

"Saya itu memang punya saraf kejepit, sudah coba terapi dimana-mana tidak berhasil. Akhirnya saya coba datang ke Selokambang. Pertama itu ya setiap hari terapi, terus jadi tiga hari sekali, sekarang sudah seminggu sekali, dan tidak sakit lagi," kata Edi di Pemandian Selokambang Senin (23/01/2023) pagi.

Senada dengan istrinya yang selalu mendampingi, Khusnul Khotimah mengaku badannya yang sering kesemutan setiap bangun tidur tidak lagi dirasakannya sejak terapi air di Selokambang.

"Dulu kalau bangun tidur itu sering kesemutan, sekarang sudah tidak pernah, ke badan juga terasa lebih ringan," terangnya.

Biasanya, warga akan mulai terapi sejak pukul 04.00 - 06.00 WIB. Bahkan ada juga yang memulainya sejak pukul 02.00 WIB.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, setiap pagi, pemandian alam Selokambang didatangi puluhan orang untuk terapi air.

Menurutnya, terapi air Selokambang ini sudah ada sejak puluhan tahun silam. Hasilnya, banyak yang sudah merasakan manfaat dan sembuh dari berbagai macam penyakit.

Bahkan, para dokter spesialis saraf banyak yang merekomendasikan pasiennya untuk melakukan terapi di Selokambang.

"Sebenarnya sejak dulu sejak saya masih kecil sudah ada. Beberapa dokter saraf khususnya yang dari Lumajang dan sekarang bekerja di Surabaya selalu menganjurkan pasiennya untuk berenang disini," kata Indah.

"Ada banyak pasien yang sembuh. Saya melihat sendiri mulai mereka datang pakai kursi roda, sekarang sudah bisa datang sendiri pakai sepeda motor dan berenang," imbuhnya.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Indah ini menjelaskan, air yang ada di pemandian alam Selokambang ini langsung berasal dari mata air dengan kandungan mineral yang tinggi.

Selain itu, Potential of Hydrogen (PH) atau derajat keasaman dan kebasaan larutan air di Selokambang antara 7-8. Sedangkan, suhu airnya antara 13-15 derajat celcius.

"Biasanya kalau yang stroke itu dengan berendam dulu, kalau sudah mulai bisa digerakkan tangan dan kakinya, mereka pakai ban, sampai pada saat mereka bisa lepas ban mereka langsung berenang," pungkasnya.

Untuk bisa merasakan manfaat kesehatan itu, warga hanya perlu merogoh kocek Rp 7.000 untuk biaya tiket masuk.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut