get app
inews
Aa Read Next : Mantan Bupati Lumajang Thoriqul Haq Diperiksa Polda Jatim Terkait Dana Bantuan Erupsi Semeru

Beri Semangat! Cak Thoriq Berbagi Pengalaman Penanganan Bencana dengan Pemkab Cianjur

Rabu, 11 Januari 2023 | 19:13 WIB
header img
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat berbagi pengalaman penanganan bencana dengan Pemkab Cianjur (foto: Kominfo Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Erupsi Gunung Semeru yang memakan ratusan korban jiwa dan menghancurkan ribuan rumah pada 4 Desember 2021 lalu, menjadi pukulan hebat bagi masyarakat Kabupaten Lumajang. Namun dibalik bencana yang menjadi pusat perhatian Nasional itu, penanganan pasca bencana di wilayah terdampak terbilang cepat dan sukses.

Percepatan penanganan bencana Semeru tak lepas dari sigapnya Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam segala aspek, mulai dari manajemen penyaluran bantuan hingga pembangunan hunian sementara untuk warga terdampak.

Memiliki pengalaman penanganan bencana yang cukup mumpuni, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berbagi pengalaman penanganan bencana saat menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Semoga penanganan gempa Cianjur segera selesai, monggo nanti kalau ada keinginan saling sharing kami siap," ujarnya saat berbincang dengan Sekretaris Daerah Kab. Cianjur, Cecep Alamsyah di Pendopo Cianjur, Rabu (11/01/2023).

Cak Thoriq berbagi pengalaman bencana mulai awal penanganan evakuasi, berbagai problematika, pro kontra relokasi, distribusi bantuan, pembangunan hunian sementara dan hunian tetap, pemindahan penyintas erupsi Semeru ke Bumi Semeru Damai hingga penanganan warga pasca relokasi.

"Jadi kami betul-betul memastikan bahwa mereka pindah semuanya siap tinggal menempati, termasuk kehidupan ekonominya, kami buatkan pasar, kandang terpadu juga kami pikirkan," jelas bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Thoriqul Haq juga menyerahkan bantuan dari masyarakat dan ASN Pemkab Lumajang. Total bantuan yang berhasil dihimpun melalui rekening Baznas Lumajang sejumlah Rp 375.220.010.

"Kita ada bantuan sejumlah Rp 375 juta ini bantuan dari masyarakat dan gabungan seluruh ASN Pemkab Lumajang yang dihimpun melalui Baznas Lumajang," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Cianjur, Cecep Alamsyah menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan masyarakat Lumajang kepada Cianjur. Ia juga termotivasi Cianjur bakal bangkit setelah mendengarkan berbagai pengalaman yang disampaikan oleh Bupati Lumajang.

"Alhamdulillah bapak jauh-jauh kesini simpati kepada kami, alhamdulillah kami mendapatkan motivasi untuk bangkit," ujarnya.

Editor : Diva Zahra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut