get app
inews
Aa Read Next : Masya Allah, Viral Seorang Bayi Memiliki Lidah Berlafadz Allah

5 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak Usia Dini

Senin, 02 Januari 2023 | 22:21 WIB
header img
ilustrasi (foto: istimewa)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Membaca adalah jendela dunia. Tentu Anda tidak asing dengan kalimat tersebut, lantas sudahkah Anda membaca buku dengan si kecil hari ini? Atau malah belum punya buku sama sekali karena anak-anak masih bayi-balita?

Jangan salah, bahkan dalam kandungan otak janin dapat berkembang dengan dibacakan buku.

Bayi berusia 1 bulan hanya dapat melihat warna hitam dan putih di hidupnya, maka Anda bisa memilih buku dengan dua warna tersebut. Kemudian meningkat dapat melihat warna-warna primer, yaitu merah, biru dan kuning. Maka pilihlah buku-buku high contrast yang berisi satu kata.

Pada bulan ketujuh hidup si kecil, ia mulai belajar kata sederhana, seperti ibu atau ayah yang akan keluar dalam bentuk gumaman. Mulai bacakan buku dengan satu kalimat sembari menunjuk kata yang Anda baca dan membuat suara berbeda.

Tingkatkan pilihan buku seiring bertambahnya usia anak. Mulai dari jumlah kalimat, genre, jenis buku dan lain-lain.

Sering ajak anak ke toko buku saat si kecil sudah pandai berjalan dan libatkan anak untuk memilih buku yang ia suka.

Lalu apa saja manfaat membaca buku untuk anak usia dini? Berikut ulasannya!

1. Terjalinnya Hubungan Baik Antara Orang Tua dan Anak

Orang tua yang sering membacakan buku untuk anak, akan memiliki hubungan yang erat. Karena secara tidak langsung mereka akan terikat dengan orang tua. Anak Anda akan merasa lebih aman, nyaman, akrab, bahagia dan merasa mendapat perlindungan dari orang tua.

Merasa dekat, perasaan dicintai dan mendapatkan perhatian juga membantu si kecil untuk tumbuh cerdas.

Kedekatan saat membaca untuk anak Anda adalah pengalaman yang menyenangkan bagi anak, jadi ia akan memiliki sikap positif terhadap membaca ketika nanti beranjak dewasa.

2. Meningkatkan Kecerdasan (IQ- Intelligence Quotient)

Kebiasaan membaca buku sejak kecil adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan IQ.

Sebab membaca buku dapat mengaktifkan beberapa area otak dan dapat meningkatkan konektivitas di otak dari waktu ke waktu.

Dengan membaca secara teratur, dapat membantu meningkatkan daya ingat anak dan meningkatkan konsentrasi serta fokus, yang sangat diperlukan anak ketika sudah memasuki masa sekolah.

3. Memiliki Kosakata Yang Lebih Banyak

Banyak penelitian menyebutkan manfaat membaca buku bagi anak bayi balita adalah memiliki kosakata yang lebih banyak dan berkembang daripada mereka yang tidak dibacakan buku sama sekali.

Saat membaca bersama anak, mereka akan dengan cepat menangkap kosakata yang Anda bunyikan.

Semakin banyak tema buku yang Anda bacakan, semakin banyak pula kosakata yang dimiliki anak, sebab setiap tema buku memiliki kosakatanya sendiri.

Kebiasaan ini memiliki keuntungan besar bagi anak Anda secara intelektual dan akan membantu mereka saat sudah masuk sekolah.

4. Melatih Keterampilan Berpikir Anak

Ketika Anda membacakan buku pada anak, mereka terlihat mendengarkan dengan diam dan seksama, padahal mereka sedang berpikir.

Saat Anda membaca dan menunjuk kalimat, “Lihat... ada kelinci, bunga, daun, awan dan matahari di taman." Anak sedang asik memvisualisasikan bagian itu di kepala mereka. Apa warna bunga, bagaimana tekstur bulu kelinci, bagaimana bentuk awan dan berapa jumlah matahari.

Dan ini adalah waktu yang tepat untuk mengajukan pertanyaan kepada si kecil, karena di sini kegiatan pasif berubah menjadi kegiatan aktif, untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Minta mereka untuk memberikan pendapat, memprediksi dan menyarankan solusi untuk masalah yang terjadi.

5. Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan

Kemampuan mendengarkan adalah salah satu keterampilan yang paling utama di masa depan termasuk saat anak sekolah.

Sayangnya, kemampuan mendengarkan juga merupakan salah satu keterampilan yang sulit dikuasai anak-anak.

Saat Anda membaca bersama anak, mereka akan secara aktif mendengarkan detailnya.

Melakukan ini selama beberapa menit secara rutin setiap hari, akan berdampak besar pada kemampuan mendengarkan mereka dan membantu si kecil tumbuh menjadi pendengar yang baik dan menghargai orang yang tengah berbicara.

Itulah ulasan tentang 5 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak Usia Dini, perlu Anda ingat, bahwa usia 0 hingga 6 tahun, anak-anak berada pada tahap pembaca pemula. Yang terpenting adalah orang tua menjadi teladan utama dalam hal membaca. Jangan meminta si kecil untuk membuka buku namun Anda sendiri asik dengan gadget.

Jika ingin mengubah perilaku anak maka bacakanlah buku untuk anak Anda, karena membaca buku adalah cara menasihati yang lebih baik daripada menceramahi apalagi memarahinya. Sikap positif dapat membuat perbedaan besar pada cara anak melihat dan memperlakukan buku hingga mereka dewasa.

Jadi, mari kenalkan dan bacakan anak-anak Anda pada buku, hingga mereka jatuh cinta dan merubah dunia.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut