get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ibu di Lumajang, Berjuang Hidupi 5 Anaknya Seorang Diri

10 DIY Ide Bermain Anak Usia 3 Tahun untuk Optimalkan Tumbuh Kembang

Rabu, 28 Desember 2022 | 13:07 WIB
header img
ilustrasi orang tua dampingi anak bermain (foto: istimewa)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Ada beberapa permainan yang digemari anak usia 3 tahun, diantaranya berlari, menari, menyanyi, berpura-pura melakukan pekerjaan orang dewasa, menebak huruf dan angka, tertarik dengan hewan dan alam, penasaran dengan benda-benda baru, tak henti bicara, bertanya dan bereksperimen.

Banyak cara menstimulasi anak usia 3 tahun agar tumbuh kembangnya berjalan optimal, salah satunya adalah aktivitas bermain, mainan Do It Yourself (DIY).

Mainan DIY membantu si kecil untuk berpikir kritis, fokus, memikirkan solusi, imajinasi berkembang pesat, memikirkan banyak hal dan kreativitas mulai nampak. Dengan segudang manfaat bermain untuk anak Anda, maka tak ada salahnya jika menyingkirkan gawai terlebih dahulu untuk melakukan banyak mainan DIY yang jauh lebih seru bersama anak Anda. 

Apalagi alat dan bahan mainan DIY sangat mudah ditemukan di rumah, hanya dengan kertas, gunting, pensil warna atau krayon dan lem. Apa saja mainan DIY untuk anak usia 3 tahun?? Berikut ulasannya!

1. Bermain Bentuk, Warna dan Hitungan

Mengenal bentuk dan warna adalah hal paling dasar yang wajib dikuasai oleh anak-anak. Anda tinggal siapkan kertas lipat warna, lalu tempelkan kertas lipat pada kardus bekas agar kokoh. Kemudian gambar pola geometri (persegi, lingkaran, segitiga, persegi panjang, lonjong, bintang, kerucut) dengan jumlah masing-masing lebih dari satu. Terakhir gunting sesuai pola.

Anda bisa meminta anak untuk mengambilnya menurut warnanya, bentuknya  atau menghitung berapa jumlahnya. Sangat mudah bukan?

2. Menebak Benda

Anak usia 3 tahun tentu sudah dapat menyebutkan nama-nama benda di sekitarnya, seperti boneka, bola, mobil, buku, sofa, lemari dan mengetahui beberapa tekstur, ada kasar, lembut, berbulu dsb.

Permainan ini sangat mudah sekali, Anda hanya perlu memasukkan benda-benda sekitar, seperti mainan, buah, cemilan yang masih di bungkus, bandana, buku, kotak susu, sendok, botol minuman dll. Ke dalam kantong plastik hitam atau tas yang sekiranya tidak tembus pandang.

Lalu minta anak Anda memasukkan tangannya ke dalam kantong kresek yang Anda pegangi dengan erat agar anak tidak dapat melihat ke dalam kantong dan suruh anak menebak benda apa yang dipegang kemudian dikeluarkan dari kantong. Dijamin permainan ini sangat seru!

3. Menebak Bau Makanan

Senangnya bisa mencium aroma yang harum, entah itu dari makanan, bunga, parfum atau lainnya. Itu karena kita memiliki hidung sebagai indera penciuman.

Nah kali ini siapkan beberapa makanan (kue, cokelat, apel, jeruk, permen dll), lalu tutup mata anak Anda, kemudian minta ia menebak makanan apa yang ia cium aromanya.

4. Bemain dengan Penjepit Jemuran

Siapa yang tidak punya penjepit jemuran di rumah? Anda pasti punya. Apa penjepit jemuran sering berkurang bahkan hilang karena anak Anda suka memainkannya? Eits, jangan marah dulu, kalau benar, beri lebih banyak lagi penjepit jemuran untuk anak Anda dan mari buat berbagai bentuk bersama-sama. 

5. Pindahkan Barang Ke Box Itu!

Permainan berikut ini sangat mudah, Anda dapat memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Bahan yang diperlukan hanya dua buah wadah besar kosong, bisa kardus, baskom atau ember. Kemudian letakkan mainan si kecil di salah satu wadah besar tersebut.

Berikan jarak antara wadah yang berisi mainan dan wadah kosong. Kemudian minta anak Anda untuk memindahkan mainan dengan cara berlari.

6. Melompat ke Angka

Anak-anak usia 3 tahun selain senang berlari juga sangat suka melompat ke sana ke mari. Daripada sekedar melompat, mari ajak anak Anda mengeluarkan ekspresinya dengan belajar angka.

Caranya, tulis angka 1 sampai 10 pada lantai sesuai besar keramik dengan menggunakan boardmarker, beri jarak antar angka. Lalu sebutkan angka mana yang harus dilompati anak Anda.

7. Puzzle

Bermain puzzle, selain mengasah keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan, juga membantu anak dalam pemecahan masalah, strategi, kolaboratif dan mencapai solusi.

Cara membuat puzzle sendiri di rumah adalah pertama buat gambar bebas di kertas putih, bisa gambar hewan atau pemandangan. Kemudian ajak anak untuk mewarnai bersama, tempel pada kardus bekas lalu potong  menjadi beberapa bagian. Puzzlepun siap dimainkan bersama!

8. Belajar Warna Dengan Air 

Apa si kecil suka mandi beralama-lama karena mainan air? Tentu semua anak menyukainya. Kali ini Anda hanya perlu menyediakan pewarna makanan (agar aman untuk si kecil), sediakan 3 warna saja, merah, kuning dan biru. Lalu 5 gelas plastik bening, isi air secukupnya pada 3 gelas. Teteskan 3 pewarna pada gelas yang berisi air. Minta anak memilih dan meneteskan pewarna secara mandiri. Lalu campur dua warna ke dalam gelas kosong, suruh anak Anda menebak warna apa yang akan muncul jika merah dan kuning bersampur. Anda bisa eksplor aktivitas ini sesuka hati.

9. Menjahit Yuk!

Anak usia 3 tahun disuruh menjahit? Jangan salah, menjahit juga menjadi keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh anak. Sediakan pena yang ujungnya sudah diikat dengan tali, bisa tali rafia, tali sepatu, tali rami, asal bukan benang jahit. Kemudian ambil kardus bekas (jangan yang terlalu tebal), gambar titik-titik membentuk pola di kedua sisinya, depan dan belakang. Minta anak Anda menusukkan pena pada titik-titik tersebut, hingga terbentuklah pola dari tali tersebut.

10. Membuat Playdough dari Terigu

Banyak sekali manfaat dari bermain playdough, salah satunya yaitu sebagai sarana mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Karena kegiatan seperti menggulung, memencet, meremas, menumbuk dan meratakan playdough sangat bagus untuk mengasah dan mengembangkan sensor motoriknya. 

Anda dapat membuat playdough sendiri di rumah, dengan tepung terigu dan air, tambahkan pewarna makanan agar tampilan semakin menarik. Boleh beri lebih dari satu warna. Campur terigu dan air, uleni hingga kalis dan Anda dapat bermain playdough sepuasnya bersama anak-anak.

Apakah Anda punya ide permainan anak 3 tahun lainnya? Jangan lupa untuk memastikan semua alat dan cara membuat mainan aman bagi ananda. Selamat berkreasi dan bermain bersama!

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut