get app
inews
Aa Read Next : Hore! 23 Event Budaya, Fashion Hingga Olahraga Siap Semarakan Lumajang, Catat Tanggalnya

Wow Jembatan Kaca Bromo Rampung Dibangun, Begini Keindahannya

Selasa, 13 Desember 2022 | 11:17 WIB
header img
Jembatan Kaca di Kawasan Wisata Gunung Bromo Siap Diresmikan (foto:dok Kementerian PUPR)

PROBOLINGGO, iNewsLumajang.id-Jembatan kaca di kawasan wisata Bromo, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, telah rampung dibangun. Jembatan tersebut rencananya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir 2022 ini. 

Dilansir dari situs Pemkab Probolinggo, Selasa (13/12/2022), bagian lantai terbuat dari kaca tentu memacu adrenalin siapa pun yang melintasi jembatan tersebut. Namun, hati-hati bagi yang mengidap fobia ketinggian.

Pasalnya, jembatan sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8-3 meter ini dibangun melintasi jurang sedalam 80 meter. Jembatan ini membentang di kawasan Bukit Seruni Point dengan penyangga berupa tiang bor dan sumuran.

Meski terbuat dari kaca, jembatan ini tentu bisa menahan beban jumlah pengunjung yang melintas di atasnya. Sebab, material yang digunakan untuk lantai berupa kaca pengaman berlapis alias laminated glass dan terdiri atas dua lembar kaca atau lebih.

Kaca-kaca tersebut direkatkan menggunakan satu atau lebih lapisan laminasi alias interlayer dengan ketebalan 25,55 mm. Saking kuatnya, lantai kaca ini teruji mampu menahan beban hingga sembilan ton.

Konstruksi jembatan kaca terpanjang di Indonesia ini bahkan diklaim mampu menampung 100 pengunjung secara bersamaan. Struktur jembatan ini pun dilengkapi double protection steel dengan baja galvanis yang dilapisi cat epoxy agar tahan karat.

Melintang dari barat ke timur, pengunjung akan disuguhkan panorama alam yang indah di sekitar jembatan. Wisatawan bisa menyaksikan tiga gunung api aktif sekaligus yakni Gunung Semeru, Bromo, dan Batok di sisi selatan. 

Pada sisi utara, pengunjung juga bisa melihat kawasan perbukitan, jurang, dan lahan pertanian warga Suku Tengger.

Sebagai pelengkap, sarana prasarana juga disediakan seperti bangunan serbaguna, amphitheater, drop zone, pavement area, shuttle zone, terminal, dan gapura penanda.

Editor : Yayan Nugroho

Follow Berita iNews Lumajang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut