Pemkab Lumajang Gelar Bimtek Pengelolaan CSIRT untuk Tingkatkan Keamanan Informasi

Nadzifah
Pemkab Lumajang gelar bimtek pengelolaan CSIRT untuk tingkatkan keamanan informasi (foto: Diskominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Dalam rangka membangun komunikasi yang efektif guna menghadapi tantangan keamanan informasi, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Kegiatan ini mengusung tema "Penanganan Insiden Keamanan Informasi" dan diadakan di Aula Lantai 2 Kantor BPKD Kabupaten Lumajang pada Rabu (9/10/2024).

Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Mustaqim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terkait pentingnya keamanan informasi di lingkungan perangkat daerah.

"Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pengamanan sistem informasi menjadi sangat krusial. Sebagai pelayan masyarakat, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan sistem dan perangkat digital yang ada," ujar Mustaqim.

Mustaqim menambahkan, maraknya insiden keamanan siber belakangan ini telah menimbulkan berbagai dampak, seperti gangguan operasional layanan sistem elektronik, kehilangan data, hingga penurunan kredibilitas pemerintah daerah.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya kerjasama dari seluruh operator di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lumajang untuk terus meningkatkan komunikasi dalam menjaga keamanan sistem informasi di masing-masing instansi.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, para ASN yang bertugas sebagai pengelola sistem informasi dapat memperdalam ilmu dan keterampilan dalam mengamankan sistem informasi di unit kerjanya. Sehingga, nantinya mereka mampu melindungi sistem dari ancaman atau serangan siber," ungkap Mustaqim.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Luluk Azizah, menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola pengamanan jaringan serta memahami konsep dan proses penanganan insiden keamanan informasi.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons insiden, serta mengambil langkah-langkah untuk melindungi data dan sistem dari ancaman siber.

Kegiatan Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh 60 peserta yang merupakan perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network