Keindahan Panorama Grojogan Sewu Destinasi Wisata Baru di Lumajang

Yayan Nugroho
Panorama Grojogan Sewu destinasi wisata baru di Lumajang (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLuamajang.id – Kabupaten Lumajang semakin memperkaya ragam destinasi wisata alam yang bisa dinikmati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu destinasi terbaru yang diresmikan adalah Panorama Grojokan Sewu, yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Obyek wisata ini resmi dibuka pada Kamis, 18 April 2024, oleh Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni.

Dalam sambutannya, Indah Wahyuni menyampaikan rasa bangganya atas kehadiran destinasi wisata tersebut. Menurutnya, Kecamatan Pronojiwo kini memiliki tempat wisata yang berpotensi menjadi salah satu destinasi unggulan, tidak hanya bagi wisatawan lokal, tetapi juga internasional.

“Hadirnya destinasi wisata Grojokan Sewu di Sidomulyo tentunya membawa warna baru bagi pariwisata di kawasan Pronojiwo. Ini merupakan langkah positif yang sejalan dengan upaya kita membangun citra pariwisata Kabupaten Lumajang,” kata Indah Wahyuni.

Ia menambahkan, peresmian Panorama Grojokan Sewu diharapkan dapat menambah daya tarik wisata di Pronojiwo dan membuat wisatawan tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan alam. Hal ini, menurutnya, akan berdampak pada peningkatan ekonomi di sektor pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut, Indah Wahyuni juga berpesan kepada Pemerintah Desa Sidomulyo agar memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan, menciptakan rasa aman, dan meninggalkan kesan yang baik, sehingga para wisatawan akan kembali berkunjung ke Pronojiwo.

“Kolaborasi dengan kelembagaan masyarakat, seperti BUMDes, sangat penting dalam pengelolaan wisata desa. Selain itu, aspek perizinan dan jaminan keselamatan wisatawan harus diprioritaskan untuk membangun kepercayaan dari para pengunjung,” tambahnya.

Ia berharap, sinergi antara pemerintah kabupaten dan desa dapat terus mendukung kegiatan pariwisata, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata.

“Lumajang memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dan cocok bagi wisatawan yang gemar berpetualang. Mari bersama-sama membangun citra pariwisata Kabupaten Lumajang agar bisa berkelanjutan dan kompetitif,” ujar Indah Wahyuni.

Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo, Agus Eko Purnomo, menjelaskan bahwa Panorama Grojokan Sewu merupakan panorama terbesar keenam di dunia dan terbesar kedua di Asia. Uniknya, destinasi ini juga menjadi satu-satunya tempat wisata di Kecamatan Pronojiwo yang buka hingga malam hari.

Agus juga menambahkan bahwa pihaknya akan memberikan satu kilogram buah salak gratis kepada setiap wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Grojokan Sewu, sebagai bentuk promosi potensi lokal sekaligus upaya menstabilkan harga salak di daerah tersebut.

“Untuk wisatawan lokal, tiket masuk ke Panorama Grojokan Sewu sebesar Rp10.000, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp50.000, sudah termasuk satu kilogram salak,” jelas Agus.

Peresmian wisata Panorama Grojokan Sewu ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj. Bupati Lumajang. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, jajaran kepala OPD terkait, Forkopimca Pronojiwo, serta perangkat Desa Sidomulyo dan masyarakat setempat.

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network