Pesona Wisata Hutan Kali Pinusan di Lumajang, Cocok untuk Healing Keluarga

Yayan Nugroho
Wisata hutan Kali Pinusan jadi favorit saat akhir pekan (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Kabupaten Lumajang menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencari tempat berlibur di Provinsi Jawa Timur.

Selain populer dengan keindahan bukit dan air terjun, kini daerah yang dikenal sebagai Kota Pisang tersebut memiliki tempat wisata baru yang tengah populer, yaitu Wisata Hutan Pinus Poncosumo. Wisata ini berlokasi di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Pemandangan asri dan atmosfer udara segar membuat wisata ini menjadi tempat yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin 'healing' dan menyegarkan pikiran.

Ketua Lingkungan Wisata Hutan Pinus Poncosumo, Sunari, menyampaikan bahwa wisata tersebut telah berjalan sekitar enam bulan.

"Bukanya itu pas Natal dan Tahun Baru kemarin, mas. Sudah berjalan sekitar enam bulan, tapi ini belum resmi dibuka karena masih dalam proses perizinan kerja sama dengan Perhutani," kata Sunari saat dikonfirmasi di lokasi wisata, Minggu (14/7/2024).

Meski masih tergolong baru, wisata ini sudah ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari-hari libur. Wisata Hutan Pinus Poncosumo menawarkan keindahan pepohonan pinus yang menjulang tinggi disertai aliran sungai yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air. Banyak pengunjung yang menggelar tikar sambil menikmati indahnya alam sekitar.

Selain itu, wisatawan juga bisa berkemah di tengah keindahan pepohonan hutan pinus. "Untuk tarif camping Rp30 ribu (tenda bawa sendiri), itu untuk keamanan dan lain-lain. Kalau untuk sewa tenda kurang lebih Rp50 ribu dengan fasilitas maksimal untuk empat orang," ujar Sunari.

Sunari juga menyampaikan bahwa sudah ada puluhan UMKM yang aktif berjualan makanan dan minuman di lokasi wisata ini. Pihaknya bekerja sama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat Bank Sampah Sumber Kahuripan Desa Sumberwuluh untuk menjaga kebersihan lokasi wisata.

"Setiap sore, para pemilik warung membersihkan sampah yang ada di sekitarnya, kemudian langsung diambil oleh kelompok bank sampah," pungkasnya.

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network