Pemkab Lumajang Beri Bantuan Uang dan Rehab Rumah Penyandang Disabilitas Berat

Yayan Nugroho
Pemkab Lumajang beri bantuan kepada penyandang disabilitas berat (foto: Kominfo Kab. Lumajang)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, memberikan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas berat melalui Program Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) Plus.

Bantuan tersebut terdiri dari bantuan finansial dan rehabilitasi rumah, yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang kedisabilitasannya sudah tidak dapat direhabilitasi dan memerlukan bantuan ekstra.

Pelaksana Tugas (Pj. Bupati) Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun), menekankan pentingnya memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas berat, seperti yang dialami Sri Wahyuni (24 tahun), yang dianggap sebagai contoh kemiskinan ekstrem.

"Kasus seperti Sri Wahyuni ini menunjukkan kemiskinan ekstrim, di mana mereka tidak dapat melakukan apa pun. Satu-satunya solusi adalah memberikan bantuan. Mereka menerima bantuan sebesar 300 ribu per bulan untuk membantu kehidupan mereka," ungkap Pj. Bupati saat berkunjung ke Desa Gedang Mas, Kecamatan Randuagung, pada Kamis (25/1/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa penyandang disabilitas berat, seperti Sri Wahyuni, menerima bantuan finansial sebesar Rp900 ribu per bulan melalui Program ASPD Plus. Bantuan ini diharapkan dapat membantu mereka yang tidak dapat melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari tanpa bantuan orang lain.

Yuyun menambahkan bahwa Sri Wahyuni, selain mendapat bantuan finansial, juga menerima bantuan rehabilitasi rumah senilai Rp20 juta dari Corporate Social Responsibility (CSR) Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur.

"Kami melihat hasil dari bantuan yang diberikan oleh REI untuk memperbaiki rumah para penderita disabilitas. Di Kecamatan Randuagung, ada 3 orang yang menerima bantuan tersebut, salah satunya Sri Wahyuni, masing-masing mendapat bantuan sebesar 20 juta. Alhamdulillah, bantuan tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki rumah," tambahnya.

Selain Sri Wahyuni, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga memberikan perhatian kepada Salsabila (10 tahun). Salsabila menerima bantuan rehabilitasi rumah dan bantuan peralatan dapur serta sembako.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meringankan beban para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan yang dibutuhkan," tutupnya.

 

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network