Viral Video Mobil Pemadam Kebakaran Terhalang Portal Jalan Akibatkan Terlambat ke Lokasi Kebakaran

Yayan Nugroho
Mobil pemadam kebakaran terhalang portal jalan (foto:Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Sebuah video yang memperlihatkan mobil pemadam kebakaran terhambat oleh portal jalan di Desa Pulo, Kecamatan Tempeh, Lumajang viral di media sosial.

Video berdurasi 58 detik yang direkam salah seorang petugas itu menggambarkan kepanikan petugas karena mobil damkar tidak bisa melewati portal, salah seorang petugas akhirnya berlari mencari kunci portal tersebut.

Agus Kasie Penanggulangan Bahaya Kebakaran Kabupaten Lumajang saat ditemui di markas Rabu (17/1/2024) mengatakan petugas terhalang 3 portal saat menuju lokasi kebakaran rumah di Desa Nguter, Kecamatan Pasirian.

“Sempat terhambat 3 portal namun petugas kami dilapangan tetap berusaha dengan mencari kunci portal” ujar Agus.

Sayangnya, akibat keterlambatan ini, petugas pemadam kebakaran sampai di lokasi ketika rumah sudah hangus terbakar, memaksa warga untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Keterbatasan sumber air dan jarak yang jauh semakin mempersulit upaya pemadaman, sehingga rumah seorang warga ludes oleh api sebelum bantuan tiba.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Diduga, kebakaran tersebut dipicu oleh korsleting listrik di bagian belakang rumah.

Petugas pemadam kebakaran berharap agar setiap portal jalan dijaga agar tidak menghambat saat terjadi kondisi darurat.

“Kami berharap setiap portal ada yang jaga sehingga saat terjadi keadaan darurat tidak menjadi hambatan” pungkas Agus.

Sebagai informasi, portal jalan tersebut awalnya dibangun oleh Pemkab Lumajang untuk mencegah truk tambang pasir melintas di jalan desa.

Insiden ini menjadi panggilan bagi pihak berwenang untuk memastikan bahwa portal jalan tidak menghambat upaya penyelamatan dalam keadaan darurat.

 

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network