Selesai Dibangun Jembatan Glidik II Penghubung Lumajang-Malang Sudah Bisa Dilintasi Kembali

Yayan Nugroho
Jembatan Glidik II penghubung Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang selesai dibangun dan kembali dibuka (foto: Yayan Nugroho)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id - Jembatan Kali Glidik II, yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, telah selesai dibangun dan resmi dibuka pada Kamis (2/11/2023).

Nugraha Yudha Mudiarto, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, menyampaikan bahwa masyarakat kini dapat menggunakan jembatan ini dengan lancar. Dia berharap bahwa aktivitas masyarakat yang terhambat selama ini karena keterbatasan akses jembatan akan pulih sepenuhnya.

Yudha juga menjelaskan bahwa jembatan dengan panjang 45 meter ini dibangun oleh Tim Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa - Bali Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Jawa Timur.

"Sudah bisa dilewati normal, tentunya ini merupakan jembatan yang sangat bermanfaat, apalagi jembatan ini penghubung dua kabupaten, yaitu Lumajang dan Malang," kata dia.

Diketahui, Jembatan Glidik 2 mengalami kerusakan akibat dampak letusan lahar dingin Gunung Semeru pada 7 Juli 2023. Proses pembangunan jembatan ini berlangsung cukup cepat, bahkan selesai sebelum target yang ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, yaitu dalam waktu 4 bulan.

Pemerintah melakukan percepatan pembangunan jembatan ini dengan pendekatan pembangunan dari kedua arah, baik dari Lumajang maupun dari Malang. Meskipun lokasinya tetap sama, penguatan dilakukan pada pondasi jembatan agar mampu menahan aliran lahar dingin dari Gunung Semeru.

 

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network