Kurir Didenda Rp500 Ribu Gara-Gara Uang Kembalian Rp700, Netizen Geram

Galih Mega
Isi percakapan kurir dengan customer (foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNEWSLumajang.id – Insiden yang menimpa seorang kurir dari salah satu perusahaan ekspedisi kembali menjadi sorotan publik. Melalui unggahan akun Threads @hey_ovha, terungkap bahwa seorang kurir dikenai denda sebesar Rp500.000 hanya karena tidak membawa uang kembalian sebesar Rp700 saat mengantar paket Cash on Delivery (COD).

Peristiwa ini terjadi ketika sang kurir mengantarkan paket COD senilai Rp21.300 ke rumah seorang pelanggan pada sore hari. Paket diterima oleh suami pembeli yang membayar menggunakan uang pecahan Rp50.000. Karena keterbatasan uang kecil, kurir hanya mampu mengembalikan Rp28.000.

Suami pembeli menerima pengembalian tersebut tanpa protes. Namun, beberapa saat kemudian, istri pembeli menghubungi kurir melalui pesan WhatsApp dan mempersoalkan kekurangan uang kembalian sebesar Rp700. Kurir kemudian kembali ke rumah pelanggan untuk mengembalikan sisa uang tersebut.

Sayangnya, sebelum kurir menyelesaikan masalah tersebut, pembeli telah lebih dulu melaporkan kejadian itu kepada pihak ekspedisi. Laporan tersebut berujung pada pemberian sanksi kepada kurir berupa denda sebesar Rp500.000. Kurir juga mendapat ancaman tidak diperbolehkan bekerja kembali jika tidak segera membayar denda tersebut.

Dalam upaya menyelesaikan permasalahan, kurir kembali mendatangi rumah pelanggan dan meminta suami pembeli agar membantu mencabut laporan. Namun, sang suami hanya berkata, “Istri saya susah, Mas, kalau soal uang, jadi saya nggak tahu,” sementara sang istri tidak menemui kurir.

Pesan WhatsApp dari pembeli yang menegur kurir pun tersebar luas di media sosial. Dalam pesan tersebut, pembeli menulis:

“Lain kali yg bnr mas nyebut nominalnya, bukan masalah rugi uang segitu, cuma seenggaknya jujur ya mas, nggak apa-apa saya ikhlas, asal jangan diulang.”

Pernyataan tersebut justru memicu kemarahan netizen, yang menilai tindakan pembeli tidak sejalan dengan ucapannya. Banyak warganet menyayangkan sikap pembeli dan mengecam perusahaan ekspedisi yang dinilai tidak adil dalam menanggapi laporan.

“Kalo emang pelit, seenggaknya sediain uang pas,” tulis akun @fir***

“Semoga kurirnya dapet rezeki yang lain, 500 juta. Aamiin,” ujar akun @yor***

“Saya ingin menyoroti sistem ekspedisinya. Setiap laporan dari customer seharusnya direview secara cermat dan berbasis bukti serta fakta, sehingga penalti yang diberikan wajar dan berkeadilan,” tulis akun @inf***

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network