Baznas Kabupaten Lumajang Telah Salurkan Bantuan Rp20 Miliar Lebih ke Korban Erupsi Gunung Semeru

Ardi
Ketua Baznas Kabupaten Lumajang Atok Hasan Sanusi saat ditemui di kantornya (foto:iNewsLumajang.id/Ardi)

LUMAJANG, iNewsLumajang.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang hingga saat ini telah menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru dengan nilai total mencapai lebih dari Rp48 miliar.

Ketua Baznas Kabupaten Lumajang Atok Hasan Sanusi mengungkapkan, bantuan tersebut terhimpun mulai pasca terjadinya guguran awan panas Gunung Semeru pada bulan Desember tahun 2021 lalu, yang hingga saat ini mencapai angka Rp48.694.000.000.

Uang donasi tersebut sudah di pergunakan untuk berbagai persiapan dan pembangunan fasilitas hunian sementara untuk korban erupsi Gunung Semeru yang di relokasi ke kawasan Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro.

"Penggunaan dana itu antara lain untuk land clearing, pembersihan jalan, pengerasan jalan, pembangunan plengsengan  dan isi rumah huntara serta pembangunan 500 huntara" ucap Atok.

Setelah uang donasi sebanyak 48 miliyar lebih digunakan untuk berbagai kebutuhan pembangunan huntara dan sarana penunjang lainnya, kini uang donasi bantuan erupsi Gunung Semeru tersisa 24 miliar lebih. 

"Sekarang per 31 oktober masih ada dana sekitar 24 miliar lebih, dan rencananya akan di gunakan untuk beberapa pekerjaan yang belum selesai" kata Atok.

Rencananya sisa uang donasi tersebut akan di pergunakan untuk sejumlah pekerjaan yang masih belum selesai pembayarannya, diantaranya pembayaran termin huntara, termin pengadaan isi huntara dan pembangunan sejumlah fasilitas umum lainnya, mulai dari masjid, stadion, kandang komunal, pasar dan yang lainnya.

Untuk itu, Ketua Baznas Kabupaten Lumajang menghimbau kepada seluruh penerima bantuan hunian sementara dan hunian tetap, untuk turut serta merawat sejumlah fasilitas yang sudah di bangun oleh pemerintah dan relawan. Dengan demikian keberlangsungan mayarakat yang menempati huntara atau huntap bisa berjalan normal.

Editor : Diva Zahra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network